bdadinfo.com

Mahasiswa Teladan! Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Batu Bersurat Untuk Irigasi - News

Ilustrasi - Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau sudah mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

- Kini petani di Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau sudah mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Pembangkit listrik tenaga surya ini akan dimanfaatkan para petani untuk keperluan irigasi, pemasangan dilakukan oleh Tim Sobat Bumi Universitas Riau (Unri).

Dilansir dari mediacenter.riau.go.id, pada 22 Juni 2024, ketua tim yang bernama Rizky Fahmy Saputra, Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan menyatakan bahwa pemasangan PLTS ini dilakukan pada tanggal 19 sampai 21 Juni 2024.

Baca Juga: Sumatera Barat Nggak Diajak! 5 Kota Metropolitan di Pulau Sumatera ini Punya Puluhan Gedung Pencakar Langit: Ada yang sampai 70 Gedung Dalam Satu Kota

"Pemasangan dilaksanakan bersama dengan dosen pembimbing dari Fakultas Teknik Unri, yaitu Dr David Andrio ST MSi dan Dr Iswadi HR ST MT PhD SMIEE serta para tim, melakukan pemasangan PLTS dengan support yang baik," ucap Rizky.

Proyek pemasangan PLTS ini merupakan salah satu upaya nyata yang dilakukan Tim Sobat Bumi Unri dalam rangka mendukung keberlanjutan energi terbarukan serta peningkatan efisiensi irigasi pertanian di daerah tersebut.

"Para tim berharap PLTS yang dipasang bisa menyediakan sumber energi yang bersih dan stabil untuk irigasi, dengan itu dapat membantu kelompok tani dalam meningkatkan hasil panenna," tambahnya.

PLTS yang terpasang mempunyai kapasitas 1.560 watt, sehingga mampu memberikan banyak kelebihan seperti mengaliri energi listrik untuk irigasi lahan pertanian.

Hal ini tentu akan mengantarkan irigasi yang lebih baik untuk pertanian dalam jangka waktu yang lama. PLTS ini dibangun sangat ramah lingkungan terutama untuk menjaga kelestarian dan kearsian desa.

Baca Juga: Indonesia Menjerit Keras! Maraknya Dampak Judi Online Berpengaruh Terhadap Aset Pemerintahan RI Semakin Gulung Tikar, Jokowi Berikan Tindakan Tegas

Tim sangat bangga atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pemasangan PLTS yang juga berguna sekali untuk kepentingan pertanian jangka panjang.

"Ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama yang baik dari seluruh tim yang bertugas, kemudian kami berharap PLTS bisa beroperasi dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat," jelas Rizky.

Kedepannya, pihaknya berharap bisa terus mengembangkan proyek-proyek serupa di masa depan. Seperti mendukung energi terbarukan serta membantu masyarakat di berbagai daerah.

Hal ini juga menunjang pelaksanaan SDGs secara lokal, dengan langkah-langkah yang sederhana demi mencapai SDGs nomor 4.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat