bdadinfo.com

Jokowi Sebut KEK Lido di Bogor Siap Serap 30 Ribu Tenaga Kerja dan Gantikan Wisata Luar Negeri - News

Presiden Jokowi saat meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang besar saat meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Jumat, 31 Maret 2023.

Presiden Jokowi menyebutkan, dengan adanya KEK Lido di Bogor ini nantinya akan mampu menyerap tenaga kerja hingga 30 ribu lebih.

“Tentu saja kalau dari sisi kesempatan kerja 30 ribu lebih, 30 ribu lebih yang akan bisa bekerja langsung di sini, kan gede banget. Yang tidak langsungnya pasti lipat empat, lipat lima,” kata Presiden Jokowi kepada awak media usai peresmian.

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi, Rafael Alun: Saya Tidak Pernah Menyembunyikan Harta

Jokowi mengapresiasi KEK Lido yang menerapkan konsep yang sangat baik dan komplet. Mantan Wali Kota Solo tersebut juga menyampaikan harapannya, agar dengan keberadaan KEK ini akan menarik minat masyarakat dan menekan niat keinginan untuk berwisata ke luar negeri.

“Ya, ini setelah muter tadi, ya betul-betul ini sebuah kawasan ekonomi khusus yang luar biasa bagusnya. Dengan konsep-konsep ke depan, ada yang untuk movieland, ada yang untuk theme park, ada yang untuk techno park, ada yang kawasan untuk musik, ada kawasan untuk otomotif, semuanya komplet dan ini akan mengerem masyarakat kita yang ingin ke luar negeri untuk berwisata,” jelas Jokowi

“Saya kira bagus dan kalau bisa ini cepat diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, sehingga kita nanti bisa nonton konser musik atau kayak Hollywood, semuanya ada di sini, semuanya. Atau mau nonton Coachella, semuanya ada, semuanya. Kalau dulu ada Woodstock, kan sudah disiapin,” imbuh Jokowi.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Sumatera Barat 11 Ramadhan, Minggu 2 April 2023, Lengkap dengan Doa Berbuka

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan, KEK Lido dibangun dengan luas sekitar 1.040 hektare. Keberadaannya juga untuk merealisasikan investasi hingga 2.4 miliar dolar AS atau setara Rp32 triliun dengan kurs rupiah.

“Dengan tema pariwisata dan industri kreatif, KEK Lido diharapkan dapat menekan outflow devisa dari wisatawan nasional hingga 4.1 miliar dalam 20 tahun ke depan,“ ucap Airlangga Hartarto dalam laporannya saat peresmian.

“Khusus di tahun ini, KEK Lido berkomitmen menyerap investasi sebesar Rp694 miliar dan menyerap tenaga kerja sebanyak 877 orang,” sambungnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat