bdadinfo.com

Waspadai Pinjol yang Aktif Menjelang Lebaran 2023, DPR RI Imbau Masyarakat Bijak Memutuskan - News

Waspadai Pinjol yang Aktif Menjelang Lebaran 2023

- Anggota Komisi XI DPR RI, Siti Mufattahah mengimbau agar masyarakat mewaspadai aksi dari para penyedia pinjol yang sering kali aktif menjelang Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2023.

Siti Mufattahah menyarankan, agar masyarakat menggunakan dengan bijak Tunjangan Hari Raya (THR).

Ia berujar, jika masyarakat mampu mengelola keuangan dengan baik, maka masyarakat juga kecil kemungkinan untuk terjerat pinjol ilegal yang aktif menjelang Lebaran lantaran pengeluaran yang tak terkontrol.

Baca Juga: Kata Anas Urbaningrum untuk Pembuat Skenario Besar: Mohon Maaf Anas Belum Selesai dan Masih Tegak Berdiri

“Takutnya kalau langsung di-jor-jor-in nanti dampaknya ke mereka, kemudian nanti juga kedepannya akhirnya apa yang dilakukan? Bisa-bisa pinjol. Kalau mau lebaran gini pinjol pasti bergerak,” kata Siti Mufattahah, keterangan tertulis dikutip Selasa, 11 April 2023.

Legislator Dapil Jawa Barat XI mengajak masyarakat untuk menerapkan pengelolaan keuangan dengan konsep 50-30-20.

Siti menilai, konsep tersebut ampuh untuk mengelola keuangan mengingat tingginya kebutuhan masyarakat menjelang waktu Lebaran.

Baca Juga: Siaran Bareng Warga di Palestina, Wako Hendri Septa: Alhamdulillah Ratusan Paket Bantuan Telah Sampai

“Saya berharap masyarakat mulai bisa belajar untuk mengatur keuangannya. Pertama harus menghitung berapa sih pendapatan tiap bulannya? Kemudian 50 persen dialokasikan untuk kebutuhan pokok setiap hari dalam satu bulan itu. Nah mungkin 30 persen-nya kita alokasikan untuk kebutuhan jangka menengah, yang 20 persen kita saving untuk kebutuhan jangka panjang,” paparnya.

Politisi dari Fraksi Partai Demokrat itu yakin, apabila masyarakat telah terbiasa melakukan perencanaan keuangan, maka kedepannya masyarakat akan lebih bijak dalam memutuskan perihal keuangan dan tidak terjerat dalam kungkungan pinjol.

“Mudah-mudahan kalau dengan konsep demikian, maka akan terbiasa membuat satu perencanaan, dalam sebulan berapa yang harus dikeluarkan? Ada kebutuhan apa saja nanti? Saya yakin masih bisa saving untuk hal-hal yang mungkin tidak dilakukan pada kegiatan rutin mereka di bulanan itu,” tuturnya. 

Baca Juga: Ini Dia Pesaing Suzuki Jimny, Torsi lebih Tinggi dan Bebas Polusi

Lebih lanjut, Siti menyampaikan, bahwa sebenarnya tidak ada masalah jika ingin menggunakan pinjol. Akan tetapi, ia berpesan agar memilih pinjol yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bukan kepada pinjol ilegal yang sering kali memberikan bunga yang tidak masuk akal.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat