bdadinfo.com

Bupati Simalungun Digeruduk Warga Soal Mafia Tanah di Pantai Bebas Parapat - News

Warga demo Bupati Simalungun terkait isu jual beli tanah di Pantai Bebas Parapat  (Ist)

- Bupati Simalungun, Radiapoh Sinaga didemo oleh masyarakat atas adanya penjualan tanah di Pantai Bebas Parapat, di kawasan pinggir Danau Toba.

Lokasi itu tepatnya terletak di Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan dari Rico Nainggolan bahwa warga sudah melayangkan surat resmi semenjak tahun 2021 silam atas adanya penjualan tanah di Pantai Bebas Parapat.

Namun hingga saat ini aduan mereka tidak mendapatkan gubrisan dari Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga.

Baca Juga: Ya Ampun, Warga Depok 'Sumbang' 100 Ton Sampah Usai Malam Takbiran

Bupati Simalungun pun di demo oleh sejumlah warga yang ingin meminta kejelasan akan adanya penjualan tanah Pantai Bebas Parapat.

Diketahui sebelumnya, Seruan aksi it dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Pemuda Peduli Danau Toba atau AMPDT dengan tudingan kuat bahwa adanya oknum pemerintah yang telah memperjual belikan sebagian wilayah pantai bebas Parapat.

Mereka memberikan tudingan kuat bahwa adanya camat yang telah menandatangani akta jual beli pantai bebas Parapat ini oleh camat dan lurah pada tahun 2020 silam, hingga saat ini belum ada kejelasan tata letak Pantai Beas Parapat dari Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga.

Baca Juga: Soal PHK Massal, Legislator PKB Ini Pasang Badan untuk Tenaga Honorer

“1993-2020 telah terjadi beberapa kali peralihan hak milik dan adanya akta jual beli yang ditandatangani camat dan lurah tahun 2020.” ungkap Rico Nainggolan yang merupakan salah satu anggota AMPDT saat dimintai keterangan oleh pihak HarianHalaun.com

Rico Nainggolan juga menjelaskan, bahwa akibat dari adanya akta jual beli tanah pantai bebas Parapat ini menimbulkan banyaknya praktik mafia tanah.

“Inilah alasan kuat kenapa praktik mafa tanah ada di pantai bebas parapat saat ini,” jelas Rico.

Baca Juga: 20 Jurusan Kuliah Paling Diminati Tahun 2023, Jurusan Kamu Termasuk Nggak?

Ia turut menuturkan bahwa awalnya Pantai Bebas Parapat ini merupakan perkampungan, namun pada tahun 1989 masyarakat dipaksa keluar dan pantai bebas Parapat menjadi aset Pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat