bdadinfo.com

Konflik di Sudan Pecah, Mahasiswa Indonesia dan Karyawan Indofood Dievakuasi ke Arab Saudi - News

Konflik di Sudan, Mahasiswa Indonesia dan Karyawan Indofood Dievakuasi ke Arab Saudi (Kemlu RI)

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan bahwa akibat konflik yang terjadi di Sudan, Pemerintah Indonesia hendak mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini tengah berada di Sudan dan memindahkannya ke Jeddah, Arab Saudi.

KBRI menyampaikan, bahwa terdapat 538 WNI yang dievakuasi akibat konflik yang terjadi di Sudan. Dimana para WNI tersebut berstatus sebagai mahasiswa Indonesia, pekerja migran, karyawan dari perusahaan Indofood serta staf KBRI beserta dengan keluarganya.

Evakuasi para mahasiswa, karyawan Indofood dan staf KBRI tersebut dilakukan dengan memanfaatkan momen gencatan senjata yang saat ini terjadi di Sudan. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan bis sebanyak delapan buah dan satu mini bus milik KBRI.

Baca Juga: PDIP Tidak Solid Dukung Ganjar, Pengamat : Ada Kans Prabowo Menggaet Puan Maharani

KBRI memberikan keterangan, bahwa 538 WNI tersebut nantinya akan dipulangkan ke tanah air yang sebelumnya dikumpulkan terlebih dahulu di Port Sudan kemudian diberangkatkan menuju Jeddah, Arab Saudi melalui jalur laut.

Setelah berada di Jeddah Arab Saudi, Pemerintah selanjutnya akan mengupayakan proses pemulangan seluruh WNI ke Indonesia dalam waktu dekat.

KBRI menerangkan, bahwa dini hari kemarin, Senin, 24 April 2023 pukul 01.00 waktu setempat atau pukul 06.00 pagi WIB. Para WNI yang hendak dievakuasi telah tiba dengan selamat di Kota Port Sudan.

Baca Juga: Gempa 7,3 Magnitudo Guncang Mentawai, Warga Padang Padati Jalur By Pass untuk Mengungsi

Para WNI yang dievakuasi sebanyak 538 orang tersebut terdiri dari: 273 Perempuan, 240 Laki laki dan 25 Balita.

Adapun Kemlu menyebut, evakuasi WNI direncanakan akan dilakukan dalam dua tahap. Evakuasi tahap pertama yang dilakukan, berhasil menyelamatkan 538 WNI yang tersebar di Sudan dan dikumpulkan di kota Port Sudan. Evakuasi tahap satu tersebut dipimpin langsung oleh Dubes RI di Khartoum, Ibu kota Sudan.

Evakuasi tahap satu ini berangkat dari Khartoum pada Minggu tanggal 23 April pukul 08.00 pagi waktu setempat atau pukul 01.00 siang WIB. Adapun waktu tempuh perjalanan darat dari kota Khartoum ke Port Sudan memerlukan waktu sekitar 15 jam perjalanan dan menempuh jarak 830 KM panjangnya.

Baca Juga: Sudan Memanas! TNI Kirim Prajurit Elite Kopasgat dan 1 Unit Pesawat Boeing 737 untuk Evakuasi WNI

Proses evakuasi para WNI dari Ibu Kota Sudan ke Port Sudan tersebut melalui beberapa kota seperti kota Atbara, Damir, Mismar dan Kota Sawakin. Dalam prosesnya, evakuasi tersebut juga melewati setidaknya 15 pos pemeriksaan di sepanjang perjalanan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat