bdadinfo.com

Ada Momen Apa Saja yang Terjadi di Tanggal 16 Juni? Simak Peringatan Hari Penyu Sedunia - News

Hari Penyu Sedunia (Pexels/mariaisabellabernotti)

 

– Pada tanggal 16 Juni tercatat ada beberapa peristiwa yang menjadi bagian dalam sejarah dunia, di antaranya bahkan dijadikan sebagai hari peringatan atau perayaan penting.

Hari Peringatan Penyu Sedunia menjadi salah satu hari penting yang dirayakan setiap 16 Juni tersebut, tanggal yang diambil dari hari lahir Dr. Archie Carr yang disebut-sebut sebagai Bapak Biologi Penyu.

Diperingatinya Hari Penyu Sedunia pada tanggal 16J Juni tidak terlepas dari tujuan untuk penyelamatan penyu dari kepunahan, di mana terdapat enam dari delapan spesies penyu yang terancam punah.

Seperti halnya satwa lain yang diambang kepunahan, ancaman punahnya penyu tidak jauh-jauh sebagai akibat dari ulah manusia yang perilakunya mengganggu ekosistem alam.

Baca Juga: Skandal Remaja Mucikari di Bukittinggi Terkuak, Polisi Dalami Kasus Prostitusi Sesama Jenis

Baca Juga: Awal Mula Direktur Utama PT Basis Utama Prima Terjerat Kasus Korupsi BTS 4G Kominfo, Ternyata Alasannya...

Baca Juga: Tidak Hanya Sekadar Makanan Enak, Soto Betawi H.Ma'ruf merupakan Bagian dari Warisan Budaya Kuliner Jakarta

Penggunaan plastik yang berlebihan hingga sampahnya memenuhi lautan menjadi salah satu penyebab kehidupan penyu terganggu, karena sudah berkali-kali penyu ditemukan dalam kondisi sekarat atau bahkan mati dengan sistem pencernaannya yang dipenuhi sampah plastik.

Belum lagi ihwal pencemaran yang terjadi di laut, pembangunan dekat area pantai yang ternyata dilakukan di wilayah sarang telur penyu, penenggelaman dengan alat pancing yang tidak sengaja, hingga perdagangan daging penyu yang masih marak terjadi di dunia internasional.

Oleh karena itu, tidak heran bila jumlah dan eksistensi penyu sedang berada di ujung tanduk, sehingga harus segera diselamatkan.
tanggal 16 Juni diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan hal ini dan membuat langkah nyata sebagai upaya penyelamatan penyu di dunia.

Hari Air Terjun Internasional

Hari Air Terjun Internasional dirayakan pada tanggal 16 Juni tiap tahunnya. Perayaan tersebut berkenaan dengan keindahan yang dimiliki oleh air terjun yang ada di seluruh dunia.

Air terjun sering dijelaskan sebagai bagian dari sungai di mana airnya mengalir di atas jurang yang curam, tidak sedikit juga yang mengibaratkan air terjun sebagai air yang mengalir dari langit, yang menjadikannya sangat indah.

Keindahan yang dipancarkan dari air terjun bisa membuat orang berandai-andai betapa menyegarkannya pancaran air terjun setelah lelah melakukan perjalanan yang panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat