bdadinfo.com

Sejak Kapan Indomaret Berdiri? Ini Penjelasan Sejarah Minimarket Terbesar di Indonesia - News

Gerai Indomaret sekarang dan dulu (indomaret.co.id)

- Di setiap sudut kota pasti ketemu dengan sebuah minimarket yang tersebar banyak dan dari berbagai merek. Salah satunya adalah Indomaret.

Indomaret adalah satu dari banyaknya gerai minimarket yang buka di Indonesia dan memiliki banyak cabangnya hampir di seluruh pelosok negeri.

Namun, tahukah sejarahnya Indomaret ada di Indonesia dan sejak kapan didirikan? Yuk, simak penjelasannya.

Baca Juga: Pemerintah Ungkap 698 Tersangka Kasus Perdagangan Orang dalam 1 bulan, Termasuk Penjualan Ginjal di Bekasi

Dengan menyediakan segala kebutuhan sehari-hari, Indomaret selalu ramai dan menjadi minimarket andalan masyarakat Indonesia sebagai tujuan berbelanja.

Raksasa minimarket ini pertama dibuka pada 20 Juni 1988 di Ancol, Jakarta Utara. Pada awalnya Indomaret bernama “Indomart” tanpa “e” di dalamnya.

Pertama dibuka, Indomaret bertujuan untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok harian karyawan. Dengan berjalannya waktu, ada perubahan dalam operasional toko.

Baca Juga: Cara Gampang Pengurusan Surat Kendaraan Tanpa Harus Keluar Rumah

Perusahaan ingin mendalami dan mengamati perilaku pembeli untuk kemajuan toko. Hasilnya yang didapat, bahwa masyarakat cenderung memilih berbelanja di tempat yang modern, juga praktis.

Selain itu, didukung dengan kelengkapan produk dan kualitasnya, harga yang bersaing dengan jenis konsep pasar lainnya, dan suasana toko yang nyaman dan bersih.

Berangkat dari hasil penelitian tersebut, “Indomart” melakukan inovasi dan terciptalah Indomaret. Di era pertama ini, perusahaan didirikan dengan badan hukum PT Indomarco Prismatama yang mempunyai visi “menjadi jaringan retail yang unggul” dan moto “mudah dan hemat”.

Baca Juga: Jelang Balapan F1 GP Inggris, McLaren Pamer Livery yang Bikin Penggemar Nostalgia

Indomaret termasuk ke dalam jenis konsep bisnis waralaba. Konsep ini menjadi pelopor di bidang minimarket di Indonesia.

Waralaba Indomaret ini terbukti kesuksesannya dengan peningkatan jumlah gerai yang dibuka terus bertambah dari waktu ke waktu.

Hal ini juga diakui oleh pemerintahan Indonesia dengan memberikan penghargaan kepada Indomaret sebagai pelaku usaha “Perusahaan Waralaba Unggul 2003” dan menjadi penerima pertama atas gelar tersebut di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat