bdadinfo.com

Batal Dibangun, Ini Deretan Ruas Tol Dicoret Jokowi dari Daftar Proyek Strategis Nasional - News

Deretan Ruas Tol Dicoret Jokowi dari Daftar Proyek Strategis Nasional Gak Jadi Dibangun !!!

- Penyelesaian Proyek Strategis Nasional terus dilakukan sebagai program Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur Indonesia dan demi kemajuan negara kedepan.

Proyek Strategis Nasional adalah proyek infrastruktur Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Adapun, Proyek Strategi Nasional atau PSN dianggap strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah.

PSN diatur melalui Peraturan Presiden, sementara pelaksanaan proyeknya dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kemudian, badan usaha serta Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), dengan mengutamakan penggunaan komponen dalam negeri.

Landasan hukum PSN adalah Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 yang berturut-turut diubah dengan Peraturan Presiden No 58 Tahun 2017, Peraturan Presiden No 56 Tahun 2018, dan Peraturan Presiden No 109 Tahun 2020.

Proyek Strategis Nasional diharuskan memenuhi unsur kriteria dasar, kriteria strategis, dan kriteria operasional.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Padang: Gurih dan Lezatnya Hidangan Sederhana dari Ranah Minang

Unsur kriteria dasarnya adalah kesesuaian dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional/Daerah dan rencana strategis sektor infrastruktur, serta memiliki kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah sepanjang tidak mengubah Ruang Terbuka Hijau.

Kriteria strategis mengacu kepada manfaat proyek tersebut terhadap perekonomian, kesejahteraan sosial, pertahanan, keamanan nasional, serta konektivitas dan keragaman distribusi antar pulau.

Sementara itu, kriteria operasional yang harus dipenuhi adalah adanya kajian pra studi kelayakan dan nilai investasi harus di atas Rp100 miliar atau proyek berperan strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan masuk daftar Proyek Strategis Nasional, sebuah proyek infrastruktur memperoleh beberapa keunggulan berupa percepatan pembangunan.

Karena setiap hambatan baik regulasi dan perizinan wajib diselesaikan oleh para menteri terkait, gubernur hingga bupati.

Selain itu, proyek PSN juga mendapat manfaat percepatan waktu penyediaan lahan dan jaminan keamanan politik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat