bdadinfo.com

Kerajaan Melayu, Jejak Sejarah Peradaban Kejayaan, Serta Peninggalan di Pulau Sumatera - News

Dharmasraya Kerajaan Melayu di Pulau Sumatera

- Pada abad ke-11 hingga ke-12 Masehi, beriringan dengan melemahnya Kemaharajaan Sriwijaya.

Terdapat kehadiran sebuah kerajaan yang berbudaya Buddha dan meninggalkan jejak sejarah gemilang di Sumatera, yaitu Kerajaan Dharmasraya.

Bukti-bukti penemuan menarik membuka tabir eksistensi dan keberadaan kerajaan ini, menghadirkan sorotan sejarah yang menarik bagi para peneliti dan penggemar sejarah Nusantara.

Baca Juga: DWP Setjen DPD RI Rayakan Hari Jadinya yang Ke-4

Salah satu bukti penting yang meneguhkan eksistensi Kerajaan Dharmasraya adalah penemuan Prasasti Grahi di selatan Thailand pada zaman kerajaan.

Prasasti ini ditulis dalam bahasa Khmer dan berangka tahun 1105 Saka atau setara dengan tahun 1183 Masehi.

Isi dari Prasasti Grahi mengisahkan perintah Raja Dharmasraya, Maharaja Srimat Trailokya Maulibhusana Warmadewa, yang memerintahkan pembuatan arca Buddha bagi Bupati Grahi, Mahasenapati Galanai.

Baca Juga: BI Tambah Insentif Liquiditas, Sultan Minta Pembiayaan Sektor Pertanian Jadi Prioritas

Tak hanya itu, Prasasti Grahi juga mencatat peristiwa penting lainnya, yaitu "Empat belas pengikut serta tujuh ratna permata dibawa dari Bumi Jawa ke Suwarnabhumi, ditegakkan di Dharmasraya."

Suwarnabhumi merujuk pada wilayah Semenanjung Asia Tenggara, termasuk pulau Sumatera yang menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Kerajaan Dharmasraya.

Prasasti Grahi yang ditemukan di Chaiya, selatan Thailand, memiliki makna sejarah yang mendalam. Chaiya sebelumnya dikenal dengan nama Grahi dan merupakan bagian dari Kerajaan Tambralingga yang dulunya adalah negeri taklukan Kerajaan Sriwijaya sebelum akhirnya dikuasai oleh Kerajaan Dharmasraya.

Baca Juga: Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Nono Sampono Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Selain Prasasti Grahi, catatan sejarah dari Tiongkok, yaitu Zhufan Zhi yang ditulis oleh Zhao Rugua pada tahun 1225 M, juga menjadi dokumen penting yang meneguhkan eksistensi Kerajaan Dharmasraya.

Catatan tersebut menggambarkan hubungan Dharmasraya dengan kerajaan-kerajaan lain di Asia Tenggara, termasuk beberapa kerajaan di Jawa seperti Kerajaan Singasari yang berpusat di Jawa Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat