bdadinfo.com

Sedia Payung Sebelum Hujan! Cuaca di Sumatera Barat Semakin Menggila, Hati-hati dengan Petir dan Angin Kencang - News

Ilustrasi Cuaca Buruk di Sumatera Barat pada Selasa, 1 Agustus 2023.  (Unsplash.com/Osman Rana)

Kondisi cuaca di wilayah cakupan provinsi Sumatera Barat akan semakin memburuk untuk Selasa, 1 Agustus 2023.

Hal ini berasal dari pantauan prakiraan cuaca dari laman resmi BMKG yang menyatakan beberapa wilayah akan dilanda hujan dengan intensitas lebar atau besar dengan petir.

Kondisi potensi badai ini pun diperkuat dengan adanya label peringatan dini yang tercantum pada hari itu. Peringatan semacam ini sudah tertempel sejak Minggu sore, 30 Juli 2023.

Baca Juga: Inilah 4 Deretan Kecamatan Yang Paling Luas di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat

Seperti diketahui, peringatan dini merupakan pencegahan terhadap potensi cuaca yang lebih buruk dari prakiraan cuaca yang biasa tertera setiap harinya di setiap wilayah di Indonesia.

Dari laman prakiraan cuaca untuk bagian Sumatera barat, setidaknya terhitung ada 13 wilayah yang berstatus hujan lebat dengan petir yang akan terjadi hari ini.

Diantaranya adalah Bukittinggi, Lubuk Basung, Lubuk Sikaping, Muaro Sijunjung, Padang, Padang Aro, Padang Panjang, Painan, Pariaman, Parit Malintang, Pulau Punjung, Simpang Empat dan Tuapejat.

Baca Juga: Galamai, Cemilan Khas yang Memikat Lidah di Kota Payakumbuh

Dari 13 wilayah tersebut, ada nama daerah yang mendapatkan durasi hujan petir terlama, yaitu Simpang Empat dan Lubuk Basung.

Menurut BMKG, hujan petir di dua daerah tersebut akan terjadi pada dua waktu dan bertahan lama, yaitu dari pagi hari hingga siang menjelang sore.

Selain itu, wilayah yang mendapat hujan besar terjadi di pagi hari sementara sebagian lainnya pada siang hari dan ada juga yang terjadi menjelang malam hari.

Baca Juga: Demi Sumatera Barat, Anak Muda Minang Si Raja FTV Pulang Kampung Jualan Rendang

Untuk hujan pada siang hari akan terjadi di wilayah Padang, Painan, Pariaman, Parit Malintang, dan Tuapejat.

Lalu, hujan di waktu siang hari akan melanda daerah Lubuk Sikaping dan Padang Panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat