bdadinfo.com

Bank Nagari Cabang Syariah Padang Gelar Iven GEMA QRIS bagi Pelaku UMKM di Koto Tangah - News

Peserta iven GEMA UMKM yang digelar Bank Nagari Cabang Syariah Padang di Kecamatan Koto Tangah, Senin (31/7).  (IST)

 

PADANG, -- Bank Nagari Cabang Syariah Padang sukses menggelar iven Giat Edukasi Meningkatkan Akseptasi (GEMA) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi pelaku UMKM di Kantor Camat Kecamatan Koto Tangah, Senin (21/7).

"Ini program kita untuk mendukung peningkatan akseptasi QRIS, terutama di kalangan UMKM, kemudian juga pengguna, calon pengguna, merchant maupun calon merchant," kata Pemimpin Bank Nagari Cabang Syariah Padang Heri Fitrianto didampingi Ketua Pelaksana Program tersebut Rifka Abadi kepada Haluan, Senin (31/7).

"Sekalian kita mendekatkan diri dengan masyarakat untuk edukasi keuangan syariah, serta mendapatkan masukan untuk pengembangan ekosistem halal," kata Heri.

Baca Juga: Bukan Lagi Konsep, Akhirnya Mitsubishi Kenalkan Wujud New SUV versi Produksi Massal

Kegiatan ini, lanjutnya, rutin digelar tiap minggu di berbagai kecamatan atau lembaga lain di Kota Padang. "Jumat lalu kita adakan juga bersama RRI, dengan senam bersama pegawai RRI serta UMKM, bagaimana kita sinergikan semua stake holder untuk bersama-sama membina UMKM," papar Heri.

Khusus kegiatan di Kecamatan Koto Tangah, pada Senin (31/7) menurut Rifka, berlangsung sejak pagi hingga siang harinya. Sekitar 50 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini didampingi oleh Tenaga Pendamping dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang.

Para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang trik dan cara penggunaan QRIS sebagai teknik pembayaran kekinian yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM dari narasumber. Kemudian juga disampaikan Akses pembiayaan yang bisa dinikmati oleh Pelaku UMKM seperti KUR Syariah, PPUM, Gadai Emas dan juga beberapa produk KPR yang dimiliki oleh Bank Nagari seperti KPR FLPP dan Nagari Griya Madani.

Baca Juga: Singa Betina dari Sumatera! Inilah Peran Besar Rasuna Said dalam Sejarah Indonesia

Selain produk bank, Bank Nagari yang juga memiliki Klinik UMKM dan Keuangan Syariah ini juga menghadirkan Sosialisasi untuk Mendapatkan Sertifikat Halal Gratis bagi Produk-produk yang dimiliki UMKM. "Alhamdulillah seluruh UMKM langsung membuka Tabungan dan didaftarkan sebagai Merchant QRIS yang mudah-mudahan bisa langsung dipakai untuk membantu transaksi keuangan mereka," kata Rifka.

"Kami juga mengundang UMKM dan masyarakat untuk mengunjungi Pojok Edukasi dan Literasi Keuangan Syariah di Masjid Raya Sumbar. Di sana masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi tentang keuangan syariah," tambah Heri Fitrianto. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat