bdadinfo.com

Menikmati Pemandangan Danau Palem Raya Kala Melewati Jalan Tol Palembang-Indralaya di Sumatera Selatan - News

Mengenali Jalan Tol Palembang - Indralaya, Sebagai Jalur tol Trans Sumatera Pertama di Sumatera Selatan.

- Proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera hingga saat ini masih dalam tahap penyelesaian pada sebagian ruas jalan tol yang akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

Tetapi yang menarik ini semua adalah jalur tol yang menghubungkan dari Lampung ke Aceh adalah, kita bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan alam yang belum pernah kalian lihat sebelumnya.

Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah Jalan tol Palembang - Indralaya, Jalur tol yang menghubungkan antara Kota Palembang dengan wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Baca Juga: Rute Bus Terjauh Se-Indonesia Ternyata Didominasi PO Bus Asal Pulau Sumatera, Bisa Seminggu di Jalan

Jalan tol yang memiliki panjang seluas 22 kilometer ini, merupakan salah satu Jalan tol Trans Sumatera di Kota Palembang yang sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 12 Oktober 2017.

Jalur tersebut merupakan bagian dari area jalan tol Koridor Palembang-Lubuk Linggau-Bengkulu, tetapi jalan tol ini merupakan yang paling pertama dalam jalur tol yang menghubungkan antara Sumatera Selatan dengan Bengkulu, setelah Jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau yang sudah diresmikan pada tanggal 20 Juli 2023 lalu.

Jalan tol ini dibagi menjadi 3 seksi, Seksi 1 yaitu Jalan tol KTM Rambutan-Indralaya, yang memiliki jarak sekitar 10 km, lalu Seksi 2 yaitu Jalan Tol Pemulutan-KTM Rambutan, yang memiliki panjang sekitar 5 km, dan Seksi 3 yaitu Jalan Tol Palembang-Pemulutan yang memiliki jarak sekitar 7 km.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Arsik Ikan Mas, Makanan Tradisional Khas Batak Sumatera Utara

Selain itu, ruas jalan tol ini menghabiskan biaya negara sekitar Rp3.4 Triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN), Investasi swasta, dan pinjaman ke PT. Hutama Karya sebagai perusahaan kontraktor yang bertanggung jawab dalam pembangunan ini.

Bahkan Pembangunan jalan tol yang sudah dibuat pada tahun 2015, memiliki lahan seluas 302 hektare.

Tentu saja Jalan tol pertama di Sumatera Selatan sebenarnya sudah dimulai pada tanggal 30 April 2015, dimana pada saat itu Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, membuka jalan dengan melakukan peletakan batu pertama jalan Tol Palembang-Indralaya di Kabupaten Ogan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan.

Baca Juga: Sosok Dr. Warsito Purwo Taruno, Penemu Alat Terapi Kanker Otak dan Payudara

Baginya, proyek tersebut menjadi salah satu gerakan penting dalam kemajuan roda perekonomian di Sumatera Selatan dan sekitarnya, pembangunan yang dibuat mencapai Rp360 triliun dengan tahap awal ruas tol Palembang - Indralaya sepanjang 22 kilometer, dan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer pada saat itu.

Menteri Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyono saat itu mengatakan, pembangunan ruas tol akan terintegrasi dengan pengembangan pelabuhan Merak-Bakauheni, jalan dari pelabuhan akan menghubungkan dengan Patunglaya hingga menuju pelabuhan Tanjung Api-Api, sebagai program utama Presiden Jokowi tentang Tol Laut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat