bdadinfo.com

Usai Aksi Protes Petugas TPA yang Timbulkan Tumpukkan Sampah, TPS Liar di Pekanbaru Ditimbun Tanah - News

Ilustrasi tumpukkan sampah.  (dok. Aliansi Zero Waste Indonesia)

Sejumlah Tempat Pembuanagan Sampah (TPS) liar di Pekanbaru ditimbun tanah. Hal tersebut juga mencegah penimbunan sampah yang merusak pemandangan kota.

Penimbuann TPS liar di Pekanbaru juga mencegah warga yang membandel, yang masih suka membuang sampah sembarangan di pojok-pojok kota.

Sejumlah TPS liar yang ditimbun tanah di Pekanbaru tersebut terdapat di beberapa lokasi, di antaranya di Jalan Teropong, Jalan Rajawali hingga Jalan Siak II.

Baca Juga: Telan Biaya Pembangunan Rp32,6 Triliun, Presiden Jokowi Resmikan Operasional LRT Jabodetabek

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi, menjelaskan, penimbunan TPS liar ini diharapkan tidak memicu masyarakat membuang sampah kembali di okasi tersebut.

"Kebanyakan di TPS liar tepi jalan, kita sudah lakukan penimbunan," kata Hendra, dilansir dari laman resmi Pemkot Pekanbaru, Senin, 28 Agustus 2023.

Sebelumnya, sampah sempat menumpuk di berbagai penjuru Kota Pekanbaru. Hendra menjelaskan, hal tersebut imbas aksi sejumlah pekerja di TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir) yang menggelar aksi protes.

Baca Juga: Bupati Tanah Datar: Orang Tua Jangan Cuma Fokus Kerja, Ajarkan Anak Agama!

Armada angkutan sampah pun dikerahkan untuk membuang sampah dari TPS ke TPA pada Jumat, 25 Agustus 2023, petang.

"Karena adanya penutupan sementara akses jalan ke TPA, sampah pada ritasi pertama terkendala pembuangannya ke TPA," jelas Hendra.

Sementara itu, para pekerja TPA yang melakukan aksi sudah diberi pengertian. Tenaga penyapuan di TPA menjadi petugas gakkum tambahan tapi tidak jadi sehingga ditarik kembali.

Baca Juga: Keren! Bupati Tanah Datar Minta Calon Uda Uni Duta Wisata Harus Hafiz Quran

Masyarakat dapat membuang sampah di TPS pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat