bdadinfo.com

Gegara Tembok Kandang Ambruk, Buaya Muara Lepas ke Persawahan - News

Penampakan seekor buaya di aliran sungai Banjir Kanal Kecamatan Padang Timur.



- Tampak seekor buaya muara yang berukuran besar milik objek wisata akar seribu di Desa Plajan, Jepara, Jawa Tengah lepas ke area persawahan usai tembok kandangnya yang ambrol.

Buaya lepas ke area persawahan pada Rabu 25 Januari 2023 pagi hari, petugas BPBD berkolaborasi dengan relawan berusaha sangat hati-hati ketika menangkap buaya jantan tersebut. Panjang buaya mencapai 3,5 meter, sedangkan bobot nya seberat 400 kilogram.

Petugas mengamankan buaya dengan cara menutup kedua mata buaya dengan selembar kain supaya buaya tidak agresif. Saat hewan reptil ini sudah tenang petugas kemudian mengikat mulut dan tubuh buaya menggunakan tali.

Baca Juga: Farhat Abbas Bikin Ulah Lagi, Kali ini Sentil Bunda Corla, Ngakunya Sih Risih dengan Goyangan Seksi

Diketahui peristiwa lepasnya buaya akibat dinding dari pagar kandang hewan tersebut yang ambrol lantaran diguyur hujan deras malam hari sebelumnya.

"Tadi malam kan digujur hujan sangat deras, terus ada warga yang melintas 'mbah buaya nya lepas ke sawah', pas lepas karena air nya kelebihan akhirnya jebol," ujar Jemani, pengelola satwa wisata akar seribu.

Kawasan lapangan tempat wisata menjadi tempat tujuan dievakuasinya buaya lepas tersebut. Evakuasi reptil raksasa itu melibatkan belasan orang.

Baca Juga: Bayi 7 Bulan Dikasih Kopi Didatangi Polisi, Jokowi Sentil BKKBN

Petugas BPBD Jepara, Afif Feroni menjelaskan petugas sempat kesulitan saat proses evakuasi lantaran kondisi area buaya tersebut lepas yang licin.

"Ada kesulitan saat proses evakuasinya karena kondisinya licin gitu, untuk berat buaya kurang lebih 4 kuintal," ujar Afif.

Diketahui buaya muara raksasa tersebut merupakan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sejak tahun 2018 silam.

Buaya tersebut juga diketahui sudah dua kali lepas sehingga akhirnya pihak pengelola objek wisata akar seribu memutuskan untuk mengembalikan buaya ke pihak BKSDA Jawa Tengah.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat