bdadinfo.com

Waspada! Modus Baru Bobol Rekening pakai Undangan di WhatsApp, Korbannya Nasabah BRI - News

Ilustrasi nasabah BRI jadi korban penipuan via WhatsApp  (Ist)

- Media sosial sedang ramai kasus modus baru bobol rekening dengan mengirimkan undangan di WhatsApp. Kali ini, korbannya nasabah BRI.

Sebagaimana diketahui, beberapa masyarakat sekarang memang ada yang memberikan secara online dibandingkan undangan fisik.

Penipuan undangan tersebut bukan berupa file melainkan berbentuk (apk) seperti aplikasi yang berjalan dengan sistem operasi Android.

Baca Juga: Rencana Pembangunan Taman Safari di Kabupaten Agam Terus Berlanjut, Bupati Ajak Pengusaha Real Estate Diskusi

Bukti pesan singkat itu dibagikan oleh salah satu akun Instagram @jktgo dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada.

Dalam keterangan unggahannya, seorang bapak dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu korban yang merupakan nasabah bank BRI dan kehilangan tabungannya sebanyak Rp14 juta.

Tak lama ia mengklik undangan pernikahan tersebut, korban mendapat pesan dari aplikasi Brimo mengenai aktivitas transfer dari rekening korban hingga tersisa hanya Rp25 ribu.

Baca Juga: Kisah Junko Furuta, Aksi Brutal Yakuza yang Diadaptasi Menjadi Film

"Kata BRI Rekening sudah dibobol karena diberikan nomor OTP. Saya jelaskan kami hanya membuka undangan pernikahan sehingga mengklik link untuk tahu siapa yang menikah, " jelas korban dikutip dari @jktgo.

Modus tersebut hanya mengirimkan undangan dan menulis "Kami harap kehadirannya."

Penerima pesan pun bertanya siapa yang mengirimkannya. Lalu pengirim hanya meminta untuk membuka file yang dikirimkan untuk mendapatkan kejelasan tersebut.

Baca Juga: Ogah Mundur Meski Lepek, Begini Aksi Pembeli Buru Diskon Holland Bakery

Saat dibuka link itu akan memberikan informasi One Time Password (OTP) aplikasi banking mobile yang dimiliki korban.

Dengan begitu pelaku akan memegang akun bank dan menguras saldo pada rekening, seperti yang dialami nasabah BRI tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat