bdadinfo.com

Bahas Pengembangan LRT Jakarta, Menhub Budi Karya Sumadi Temui PJ Gubernur DKI - News

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Dok. Sekretariat Kabinet)

- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi temui PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono guna membahas pengembangan angkutan massal perkotaan DKI Jakarta di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Februari 2023.

Menhub Budi Karya Sumadi membeberkan beberapa hal yang dibahas dengan PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono, diantaranya yaitu terkait pengembangan proyek LRT Jakarta, MRT Jakarta Fase 3, dan pengembangan Stasiun Tanah Abang.

Menhub Budi Karya Sumadi mendukung penuh rencana pengembangan LRT Jakarta (Velodrome - Manggarai), Menhub mengapresiasi inisiatif dari Pemprov DKI untuk menyambung jalur LRT.

Baca Juga: Gempa di Turki, Begini Respon Kementerian Luar Negeri Indonesia

Jalur LRT nantinya akan saling terhubung dari Pegangsaan Kelapa Gading, Velodrome, sampai ke Stasiun Manggarai, sehingga terintegrasi dengan angkutan massal lainnya seperti KRL Jabodetabek maupun kereta jarak jauh.

Menhub Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan Stasiun Manggarai direncanakan untuk menjadi stasiun sentral yang menjadi pusat pertemuan KRL dari berbagai rute seperti, Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Menhub Budi Karya Sumadi juga sepakat dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mengembangkan Stasiun Tanah Abang menjadi lebih baik dengan fasilitas yang lebih lengkap seperti taman dan ruang publik.

Baca Juga: Foto dengan Anaknya Dipakai di Bungkus Rokok, Pria Asal Lamongan Ini Minta Keadilan

Pengerjaan pengembangan Stasiun Tanah Abang akan melibatkan tiga instansi, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Pemprov DKI Jakarta.

“Kemenhub memiliki tanah sekitar 4 hektar atau sekitar 500 meter dari Stasiun Tanah Abang yang sekarang. Pemprov DKI sudah minta akan membangun dan juga memperbaiki lingkungannya.

“Jadi nantinya ketika turun dari Stasiun Tanah Abang, tidak langsung ke jalan raya, tetapi akan melewati taman yang bagus, dan bangunannya juga lebih bagus,” sebut Menhub Budi dikutip dari laman Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Pertukaran Kebudayaan, Wakil Dubes Amerika Kunjungi Padang Panjang

Khusus pembangunan MRT Jakarta Fase 3 timur barat, Menhub Budi telah berdiskusi bersama Pemprov DKI mengenai proyek pembangunan jalur MRT Jakarta Fase 3 rute Kembangan – Medan Satria. Nantinya rute ini juga akan menyambung sampai ke Bekasi.

“Kita butuh role model pengembangan angkutan massal perkotaan yang baik. Salah satu contohnya adalah DKI Jakarta yang bersedia memberikan subsidi untuk angkutan massal di kotanya’

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat