bdadinfo.com

Atasi Macet, Menhub dan Pemprov DKI Jakarta Andalkan MRT - News

Kemenhub bersama dengan Pemprov DKI membahas program prioritas penanganan kemacetan (Instagram @dishubdkijakarta)

- Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki tentang pengembangan Stasiun Tanah Abang, proyek MRT Jakarta Fase 3, dan LRT Jakarta dengan program prioritas yang salah satunya tentang penanganan kemacetan.

Pengembangan sistem angkutan umum massal atau transportasi publik merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta menangani kemacetan.

Dengan pembahasan ini, diharapkan Jakarta akan menjadi contoh bagi kota besar di Indonesia dalam mengembangkan transportasi publik yang modern dan efisien.

Baca Juga: Warganet vs Gitasav Adu Opini di Lini Masa, Simak Keuntungan dan Kerugiaan dari Childfree

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut Kembali Menelan Korban, Anggota DPR Sebut 2 Asumsi Penyebabnya

Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengadakan pertemuan untuk membahas pengembangan angkutan massal perkotaan DKI Jakarta lebih mendalam di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Februari 2023.

 “Saya menyambut baik inisiasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk terus menggalakkan angkutan massal perkotaan karena DKI Jakarta menjadi contoh bagi kota lainnya di Indonesia untuk mengembangkan angkutan massal-nya,” ujar Menhub.

Terkait pengembangan Stasiun Tanah Abang, Menhub juga menyetujui inisiatif dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengembangkan Stasiun Tanah Abang menjadi lebih baik dengan fasilitas yang lebih lengkap, dan bisa menjadi ikon baru yang menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: Tak Hanya 123 WNI, Tim KBRI Ankara Juga Evakuasi WN Malaysia dan Myanmar Korban Gempa Turki

Baca Juga: Nama Roy Marten Tercatut dalam Perusahaan Tambang Bermasalah di Jambi, Begini Kronologi Kasusnya

Menurut Menhub, pengerjaannya akan dilakukan oleh tiga instansi sekaligus yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Pemprov DKI Jakarta.

Kemenhub memiliki tanah sekitar 4 hektar atau sekitar 500 meter dari Stasiun Tanah Abang yang sekarang. Pemprov DKI sudah minta akan membangun dan juga memperbaiki lingkungannya. Jadi nantinya ketika turun dari Stasiun Tanah Abang, tidak langsung ke jalan raya, tetapi akan melewati taman yang bagus, dan bangunannya juga lebih bagus,” tutur Menhub.

Kemudian terkait pembangunan MRT Jakarta Fase 3 timur barat (east-west), Menhub mengatakan telah membahas bersama Pemprov DKI mengenai proyek pembangunan jalur MRT Jakarta Fase 3 rute segmen Kembangan – Medan Satria yang antinya rute ini akan menyambung sampai ke Bekasi.

Baca Juga: Distribusi LPG 3 Kg Dinilai Tak Adil, DPR RI Semprot Kinerja Pertamina: Tertibkan Agen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat