bdadinfo.com

Masuk Daftar Renovasi Termahal, Berapa Anggaran Dana Stadion Teladan Medan? - News

Renovasi Stadion Teladan Medan (Youtube Falfal Nick)

- Renovasi Stadion Teladan Medan yang diwacanakan akan rampung pada 2024 mendatang ternyata masuk dalam daftar renovasi stadion termahal di Indonesia.

Rencananya renovasi Stadion markas PSMS Medan ini akan menggunakan anggaran dari APBD Kota Medan dan dana dari Kementerian PUPR.

Endar Sutan Lubis selaku Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan mengungkapkan bahwa proses revitalisasi atau renovasi masih tahap finalisasi Detail Engineering Design atau DED.

Baca Juga: Tim dari Jepang Datang Lagi ke Sumatera Barat dengan Misi yang Berbeda

Berdasarkan DED tersebut ditaksir total anggaran dana yang dibutuhkan sekitar Rp560 miliar.

Angka tersebut terbilang kecil dari rencana awal renovasi Stadion Teladan Medan yang sempat dirancag di awal 2023 lalu.

Sebelumnya, total anggaran dana yang dibutuhkan ditaksir mencapai sekitar Rp1 triliun lebih untuk renovasi Stadion Teladan beserta taman di depannya.

Baca Juga: Rumah Makan Padang Terkenal di Luar Negeri, Pernah Didatangi Mantan Presiden SBY Juga Loh Buat Pesan Rendang

Kementerian PUPR sendiri hanya akan membiayai sekitar Rp300 miliar, dan sisanya akan dibiaya dari APBD Kota Medan.

Endar Sutan Lubis juga menyebutkan jika anggaran dana dari APBD Kota Medan serta Kementerian PUPR ini akan dilakukan efisiensi dan masih dalam tahap pembahasan.

DED dinyatakan akan rampung dalam waktu dekat sehingga renovasi Stadion Teladan Medan yang sudah dibangun sejak tahun 1953 diprediksi akan bisa dimulai tahun ini.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan dengan Telok Abang, Mainan Khas Palembang yang Tanamkan Patriotisme pada Anak

Dalam hal revitalisasi Stadion Teladan Medan juga akan melibatkan ahli cagar budaya untuk menjaga bangunan yang berpotensi sebagai cagar budaya.

Menara yang ada di Stadion Teladan misalnya, akan tetap ada dan bangunan lama bagian depan diupayakan semaksimal mungkin dipertahankan.

Menara Stadion Teladan akan tetap dipertahankan sebagai ciri khas stadion dan sudah dibuktikan masih memiliki kualitas yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat