bdadinfo.com

Sebagai Agen of Control, Ketua KNPI Sumbar Ajak Pemuda Turut Andil di Tahun Politik - News

Ketua KNPI Sumbar Nanda Satria (kiri).

- Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan, melalui ide, kreatifitas yang dapat mendorong kemajuan bangsa.

Posisi vital para pemuda ini menurut Ketua KNPI Sumbar Nanda Satria, membuat mereka harus berperan aktif dalam proses demokrasi.

Menurut Nanda, Pemuda adalah agen perubahan (agen of change) dan agen control (agen of control) yang mengawasi pemerintahan dan mencegah terjadinya penyimpangan.

"Jadi, para pemuda memiliki posisi strategis untuk berperan aktif dalam proses demokrasi," jelas Politisi Partai NasDem itu.

Nanda menerangkan, para pemuda dalam pesta politik 2024, harus meningkatkan kesadaran politiknya. Melalui pemahaman dari buku, jurnal ilmiah, berita-berita politik atau mengikuti kegiatan politik.

Melalui kesadaran itu, pengetahuan dan keterampilan politik akan terasah, sehingga bisa berperan secara optimal dalam proses demokrasi.

"Kalau perlu, para pemuda bisa terlibat langsung dalam kegiatan politik. Jadi, bisa merasakan langsung dinamika dan mengimplementasikan keterampilan politik yang mereka miliki," jelas Nanda

Nanda menyebut, secara sosial, para pemuda juga bertanggung jawab untuk pemberdayaan masyarakat.

Pemuda dapat berperan dalam pemberdayaan masyarakat, melalui pendidikan politik dan demokrasi pada masyarakat. Bahkan pemuda bisa membantu masyarakat untuk aktif terlibat dalam proses pembangunan dengan berperan aktif dalam politik cerdas dan menangkal hoax yang merajalela di media sosial.

"Jadi, para pemuda dapat berperan secara optimal menghadapi tahun politik, jika memiliki kesadaran politik yang tinggi dan terlibat aktif dalam kegiatan politik," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat