bdadinfo.com

Proyek Tol di Sumatera Utara Ini Bakal Jadi Jalan Tol Terindah di Indonesia, Warga Sumut Dijamin Bangga - News

Tol di Sumatera ini bakal jadi jalan tol terindah di Indonesia


Proyek tol Siantar-Parapat bakal jadi tol terindah di Indonesia, warga Sumatera Utara (Sumut) wajib bangga dengan Proyek PSN tersebut.

Agus Tripriyono selaku Ketua Tim Koordinasi dan Sekretariat Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Sumatera Utara menegaskan bahwa Proyek Tol Siantar Parapat yang merupakan bagian dari ruas Tol Kuala Tanjung – Tebingtinggi – Parapat tetap akan dibangun mengingat jalan tol tersebut mendukung Kawasan Strategis KSP Danau Toba.

“Itu (proyek Tol) Siantar Parapat tetap dibangun ya, mengingat jalan tol tersebut mendukung untuk Kawasan Strategis KSP Danau Toba” ujar Agus Tripriyono sebagaimana dikutip News.com dari Kanal YouTube Anday pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Baca Juga: Persaingan Ketat Bisnis Minimarket! 4 PerbedaanIndomaret dan Alfamart

Parapat sendiri merupakan salah satu kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara.

Kelurahan tersebut merupakan salah satu akses menuju ke Danau Toba dan Kabupaten Samosir yang berjarak sekitar 48 km dari Kota Pematang Siantar.

Parapat menjadi salah satu titik persinggahan penting dari Jalan Raya Lintas Sumatera bagian Barat yang menghubungkan Kota Medan dengan Kota Padang.

Baca Juga: Kemenko Bidang Perekonomian Buka Pendaftaran Seleksi PPPK Tahun 2023, Berikut Daftar Lengkap 39 Formasinya

Di Parapat atau Perapat terdapat Danau Toba yang sudah dikenal sebagai objek yang begitu populer oleh masyarakat bahkan terkenal hingga mancanegara.

Parapat juga mempunyai pelabuhan feri yang bisa mengantar kami ke Pulau Samosir atau berkeliling mengarungi Danau Toba.

Jika menggunakan jalur nasional jarak dari Kota Medan ke Parapat sekitar 174 km dan memakan waktu selama 4 jam.

Baca Juga: Sah! Awal Oktober Pemerintah Mulai Menutup Tiktok Shop, Begini Dilema Para Pelaku Usaha

Maka dengan itu pemerintah pusat dipastikan tetap akan membangun jalan tol Pematangsiantar Parapat sekitar sepanjang 39 km di Provinsi Sumatera Utara.

Tol Siantar Parapat sendiri terdiri dari seksi Pematangsiantar-Saribudolok (22,3 km) dan juga seksi Saribudolok-Parapat sepanjang 16,7 km.

Agus Tripriyono juga mengatakan lebih lanjut bahwa ada perubahan desain jalan tol dari rencana awal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat