bdadinfo.com

Daftar 5 Nagari di Lima Puluh Kota Sumatera Barat yang Kena Hajar Proyek Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan: Untung atau Buntung? - News

Ilustrasi 5 Nagari di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang terkena dampak proyek pembangunan Jalan Tol Payakumbuh-Pangakalan (Dok: Pesisir Selatan)

- Provinsi Sumatera Barat memastikan jika proyek pembangunan infrastruktur di ranah Minang tetap berjalan.

Adapun proyek pembangunan infrastruktur di Sumatera Barat yang dimaksud merupakan konstruksi jalan tol rangkaian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sebagaimana diketahui, saat ini pembangunan jalan tol di Sumatera Barat hanya berjalan satu proyek saja.

Baca Juga: Waduh! Sebut Tidak Ada Penolakan, Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan Tetap Gilas 5 Nagari di Lima Puluh Kota?

Proyek tersebut adalah Jalan Tol Padang Sicincin sepanjang 36 km yang menjadi seksi pertama dari ruas Jalan Tol Padang - Pekanbaru.

Sumatera Barat sendiri bertanggung jawab pada 4 (empat) proyek ruas Jalan Tol Padang - Pekanbaru dari total 6 (enam) seksi yang ada.

Adapun proyek lanjutan dari Jalan Tol Padang Sicincin, yaitu Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tetap akan dilakukan pembangunannya.

Baca Juga: Proyek Cerdik Sumatera Selatan, Dana Rp22 Triliun Sudah dapat Tol Ratusan Km dan Bangun Jembatan Terpanjang Se-Indonesia!

Sebelumnya, pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan sempat dikabarkan mendapat penolakan dari sejumlah warga Nagari di Lima Puluh Kota.

Penolakan tersebut disinyalir karena permasalahan trase Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan yang melintas pada tanah adat ulayat yang dihormati oleh warga setempat.

Pembangunan pun ditunda dan dikabarkan pihak terkait akan melakukan pemindahan trase ke lokasi lain.

Baca Juga: Full Produk Dalam Negeri, Jembatan Jalan Tol Terpanjang Se-Indonesia di Sumatera Selatan sedang Dibangun: Kapan Selesai?

Berikut daftar 5 (lima) Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota yang daerahnya dilintasi oleh trase Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan:

  1. Nagari Gurun
  2. Lubuak Batingkok
  3. Koto Tangah Simalanggang
  4. Koto Baru Simalanggang
  5. Nagari Taeh Baruah

Dilansir dari kanal YouTube Pandawa Bukit Aneh, kabar pemindahan trase Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut dibantah oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat