bdadinfo.com

Kritik Pembangunan Ibu Kota Nusantara dan Jalan Tol Trans Sumatera, Elektabilitas Anies Baswedan Bisa Turun? - News

Capres Anies Baswedan kritik pembangunan jalan tol dan IKN era Jokowi (Instagram @aniesbaswedan)

- Anies Baswedan menjadi salah satu calon presiden atau capres 2024 yang melayangkan kritik terhadap beberapa PSN era Jokowi.

Anies Baswedan pernah melayangkan kritik terhadap pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan.

Dari Youtube Kompas.com pada 22 Mei 2023, salah seorang wartawan meminta tanggapan dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terkait kritik Anies Baswedan mengenai pembangunan jalan tol.

Baca Juga: Jamu Bayern Munchen Dini Hari Nanti, Mampukah MU Menang dan Raih Tiket Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions?

Anies Baswedan sebelumnya diketahui melayangkan kritik atas pembangunan jalan tol karena berdampak pada tiga poin.

Poin pertama, adanya jalan tol dianggap menjadi ketimpangan sangat jelas bagi masyarakat kelas atas dan masyarakat kelas bawah.

Kedua, Anies Baswedan berpendapat pembangunan jalan tol justru menjadi pemicu adanya mafia yang mencari keuntungan sendiri.

Baca Juga: Horee! Jelang Libur Nataru, Total 126 Km Jalan Tol Baru Rangkaian JTTS ini Dioperasikan Gratis oleh Pemerintah: Tahun Baru Siap Test Drive Bebas

Ketiga, menurut Anies Baswedan pembangunan jalan tol ini memicu berbagai permasalahan hukum, seperti sengketa tanah antara pemerintah dengan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, KSP Moeldoko justru berpendapat bahwa dengan adanya jalan tol, masyarakat kecil yang identik bepergian dengan bus akan diberikan kenyamanan dan kemudahan selama perjalanan.

Jika dulu penumpang bus di beberapa daerah harus menempuh waktu perjalanan lebih lama, maka sekarang semenjak adanya jalan tol maka waktu tempuh bus bisa dipangkas lebih efisien.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan, Rumah Sakit Mayapada, dan Hotel Nusantara di IKN Terus Digiatkan! Sudah Sampai Mana Ya?

Selain KSP Moeldoko yang dimintai pendapat terkait kritik Anies Baswedan, Presiden Jokowi juga memberikan respon terhadap kritikan salah satu capres tersebut.

“Ya ditunjuk saja, proyek yang mana, yang titip siapa”, ujar Jokowi dikutip dari Youtube tvOneNews pada 2 Oktober 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat