bdadinfo.com

Rangkuman Singkat Debat Capres Pertama: Apa yang Disetujui dan Apa yang Dipermasalahkan? - News

Calon Presiden pemilu 2024.

Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo telah melakukan debat pertama calon presiden di kantor KPU, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023,

Dalam debat pertama tersebut, ada isu yang mana mereka saling setuju dan ada juga isu yang membuat ketiga capres ini saling berselisih.

Masih ada empat debat capres dan cawapres yang belum dilaksanakan, namun debat pertama capres kemarin malam, berhasil menarik perhatian masyarakat hingga menjadi trending topic di berbagai platform digital.

Baca Juga: Kontraktor Pelat Merah Borong Pembangunan 3 Masjid di IKN, Subhanallah Indah dan Megah! Menjadi Landmark Tempat Ibadah

Berikut adalah rangkuman singkat debat capres pertama bersama Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

HAM: Pelanggaran HAM di Papua

Dalam isu ini, Prabowo dan Ganjar setuju apabila adanya dialog dengan seluruh kelompok di Papua untuk menyelesaikan isu pelanggaran HAM.

Baca Juga: Korban Erupsi Gunung Marapi Dapat Trauma Healing dari Polres Padang Panjang

Namun, Anies menekankan bahwa masalah utamanya adalah adanya ketidakadilan, dan dirinya juga mengusulkan adanya dialog partisipatif.

Prabowo juga menyetujui harus ada keadilan, seperti yang disampaikan oleh Anies.

Akan tetapi, Prabowo juga mengatakan ‘Tak sesederhana itu, Pak Anies.’ Ia menyebut ada faktor lain, seperti isu ideologi dan geopolitik.

Baca Juga: Diserahkan Mendagri, Kota Pariaman Raih Penghargaan Kota Terinovatif di Indonesia

HAM: Kasus HAM Berat

Prabowo mengatakan isu pembentukan pengadilan HAM dan penghilangan aktivis selalu diangkat setiap kali ‘pollingnya naik’.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat