bdadinfo.com

Gen Z Memilih! Seberapa Besar Pengaruh Debat Capres bagi Pemilih Muda? - News

Besarnya pengaruh gen z atau pemilih muda dalam Pilpres 2024 (Instagram @prabowo)

- Debat capres pertama telah dilaksanakan pada Selasa, 12 Desember 2023 di kantor KPU, Jakarta.

Pada debat capres ini, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo menyajikan gagasan mereka dengan saling setuju dan berselisih.

Meskipun masih debat pertama, namun acara debat capres tersebut sukses menarik perhatian masyarakat, hingga menjadi perbincangan di berbagai platform online.

Namun, dengan adanya debat capres dan cawapres ini, apakah dapat berpengaruh bagi para pemilih muda?

Baca Juga: Anies dan Ganjar Adu Pendapat Soal Kasus KM 50 pada Debat Pertama Pilpres 2024, Ada Apa dengan KM 50?

Komitmen KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen untuk membuat acara debat capres - cawapres menjadi tontonan yang lebih menarik bagi anak muda, yakni Milenial dan Gen Z.

Mengapa anak muda? Sebab, berdasarkan data survei Praxis menjadi bukti bahwa debat terbuka dapat menjadi media kampanye yang paling mempengaruhi preferensi responden dengan persentase 62,64 persen.

Jika dilihat dari data untuk pemilu 2024 nanti, maka generasi mudalah yang mendominasi jumlah pemilih.

Baca Juga: Walikota Ganteng dan Sangat Cerdas Asal Mesir Fun Andalas Ini Penuh Semangat 45 Perjuangkan Proyek Jalan Tol di Sumbar Agar Daerahnya Bisa Lebih Maju!

Sebanyak 204.807.222 total pemilih pilpres 2024, generasi milenial mendominasi dengan persentase 33,60 persen, disusul oleh generasi X 28,07 persen, generasi Z berada di posisi ketiga dengan 22,85 persen pemilih.

Apabila dilihat melalui tiga persentase tertinggi, generasi muda mendominasi sebanyak 56,45 persen (gabungan persentase generasi Milenial dan Z) dari keseluruhan pemilih.

Dilansir dari Instagram @ussfeeds, August Mellaz selaku Komisioner KPU RI menjelaskan ada usulan melakukan debat di salah satu kampus.

“Apakah pertanyaannya (debat) terbuka atau tertutup itu jadi satu format tersendiri. Termasuk, ada usulan dari pihak perguruan tinggi ‘bisa nggak salah satu debatnya dilaksanakan di kampus?” ucap August.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat