bdadinfo.com

KPU Jamin Orisinalitas Pertanyaan Tidak Settingan, Gelaran Debat Capres 2024 Berikutnya Diadakan Tanggal Segini Jelang Akhir Tahun 2023 - News

KPU RI sukses gelar Debat Calon Presiden 2024 pertama, para kandidat saling serang pertanyaan (Twitter @KPU_ID)

 

Pelaksanaan Debat Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 pertama berlangsung sengit pada 12 Desember 2023 malam ditayangkan secara langsung di akun youtube KPU RI.

Sesuai judul kegiatannya, ditegaskan kembali oleh Ketua KPU RI yakni Hasyim Asy’ari bahwa debat pada kesempatan pertama ini, jatahnya calon presiden yang berbicara.

Ditunggu-tunggu oleh warganet pada pukul 19.00 WIB seperti yang diumumkan oleh KPU RI, namun disiarkan agak terlambat pada sekitar pukul 19.20 WIB.

Baca Juga: Asyik! Proyek Jalan Tol Mahal Senilai Rp22 Triliun di Sumatera Selatan Rampung Agustus 2024: Tol Paket Lengkap nih

Hasyim Asy’ari beralasan banyaknya orang yang hadir dan terlibat dalam gelaran debat capres pertama ini membutuhkan banyak penyesuaian pula dalam pengaturan pelaksanaannya.

Debat Capres 2024 pertama terdapat 6 segmen bertema ‘Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi’.

Selain itu pengembangan tema debat dalam pertanyaan panelis terdapat pembahasan seputar pemerintahan, penanganan hoax, dan menjaga kemajemukan warga.

Baca Juga: Stadion Utama Sumbar Bakal Full Tribun Gantung, Konsep Modern, dan Biaya Fantastis: Progres sudah Sampai Mana? 

Sesi perdebatan studi kasus berada di segmen 2 hingga segmen 5. Pada segmen 2 dan 3, pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan-pertanyaan yang dikonseptualisasi oleh tim panelis.

Tim panelis mernyiapkan rumusan formula seluruh pertanyaan dan teknis pengambilan pertanyaan secara acak melalui ‘fish bowl’ (wadah kode pertanyaan) yang disediakan pada sesi 2 dan 3 ini.

Pada segmen 4 dan 5 adalah pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing calon presiden kepada calon presiden lainnya, dan ditanggapi sendiri oleh calon presiden yang ditanya.

Baca Juga: Debat Pertama Capres: Duel Sengit dan Saling Memberikan Sindiran antar Capres

“Sehingga dengan begitu orisinalitas pertanyaan juga menjadi orisinal masing-masing calon presiden. Yang tidak bisa di setting-setting, tidak bisa diprediksi akan tanya apa,” pungkas Hasyim Asy’ari.

Pada puncak debat di segmen 4 dan 5, masing-masing calon presiden dengan lugas memberi pertanyaan dan menjawab sesuai data dan cara pandang masing-masing calon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat