bdadinfo.com

Ternyata Dibangun dalam 3 Tahap, ini Jadwal Pembangunan Tol Bangkinang-Pangkalan yang Ada di Wilayah Sumatera Barat! - News

Ilustrasi peninjauan pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan yang ada di wilayah Sumatera Barat (Dok: Kementerian PUPR)

- Salah satu ruas dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menunjukkan progres positif.

Ruas tersebut adalah Jalan Tol Padang - Pekanbaru yang juga menjadi jalan tol sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Direncanakan diangun dalam 6 (enam) seksi dan terbagi pada 2 (dua) wilayah pembangunan, Provinsi Riau dan Sumatera Barat, Jalan Tol Padang - Pekanbaru ini diketahui akan menyelesaikan salah satu seksinya di akhir tahun 2023 ini.

Baca Juga: Kabar Terbaru Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan, Penetapan Lokasi Proyek Megah Raksasa Sumatera Barat ini Sudah Dilaksanakan?

Seksi tersebut adalah Jalan Tol Bangkinang Pangkalan yang tuntas pada Desember 2023 ini dan akan dibuka secara fungsional menyambut libur Nataru.

Diketahui, bahwa Jalan Tol Bangkinang Pangkalan ini akan dibangun dalam 3 (tiga) tahap pembangunan.

Hal tersebut merujuk pada data milik Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Mega Proyek JTTS Terus Berprogres, Tahun 2024 Jakarta ke Jambi Makin Dekat dan Cepat: Mudik Lewat Tol Semakin Nyata!

Adapun ketiga tahap tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Jalan Tol Bangkinang Pangkalan tahap 1 (satu) Tanjung Alai sepanjang 24,7 km;

  2. Jalan Tol Bangkinang Pangkalan tahap 2 (dua) sepanjang 13,60 km;

  3. Jalan Tol Bangkinang Pangkalan tahap 3 (tiga) sepanjang 22,70 km;

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa Jalan Tol Bangkinang Pangkalan yang pembangunannya selesai di akhir tahun 2023 adalah Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang - Koto Kampar (Tanjung Alai).

Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang - Koto Kampar sepanjang 24,7 km itu berada di wilayah pembangunan Provinsi Riau.

Baca Juga: Megah Tapi Buatan Lokal, Jembatan Jalan Tol Terpanjang Se-Indonesia di Sumatera Selatan ini Bakal Rampung di 2024: Proyek Rp22 T nih!

Lalu, bagaimana dengan nasib proyek Jalan Tol Bangkinang Pangkalan tahap satu dan tahap dua serta pembangunan yang ada di wilayah Sumatera Barat?

BPJT Kementerian PUPR sendiri menjadwalkan jika pembangunan Jalan Tol Bangkinang Pangkalan di wilayah Sumatera Barat akan dilaksanakan setelah tahun 2024 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat