bdadinfo.com

Berikut 10 Negara Yang Menghasilkan Kopi Terbanyak Di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? - News

Alissa Hermilah - Berikut 10 Negara Yang Menghasilkan Kopi Terbanyak Di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?/Flexypack

- Kopi merupakan salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, biji kopi pertama kali masuk ke Indonesia sejak tahun 1696.

Saat itu pemerintahan Belanda yang ada di India, memerintahkan komandan pasukan Belanda untuk membawa biji kopi ke Batavia (Jakarta) untuk dikembangkan. Namun, sayang biji kopi pertama ini gagal tumbuh karena terjadi banjir di Batavia.

Pada tahun 1699, Batavia kedatangan biji kopi untuk kedua kalinya dan untuk yang kedua ini kopi tersebut berhasil tumbuh. Di tahun 1711, eksport pertama biji kopi dikirim dari Jawa ke Eropa oleh perusahaan dagang Belanda yang dikenal dengan VOC (Verininging Oogst Indies Company).

Baca Juga: Asik! Konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3 Terpanjang Rencananya Ditargetkan Beroperasi 2024

Sejak ekspor pertama, kopi menjadi komoditi dagang yang sangat diandalkan VOC karena kopi yang dihasilkan Indonesia membuat eksport kopi meningkat dalam tempo 10 tahun sampai 60 ton/tahun. Indonesia merupakan tempat pertama kali kopi dibudidayakan secara luas di luar Arab dan Ethiopia.

Sejak saat itu Indonesia selalu melakukan eksport kopi, dan sampai mencapai titik puncaknya di abad ke-19 yang pada tahun 1880-1884 dengan total eksport mencapai 94.400 ton.

Eksport kopi dari Indonesia sejak pertama kali adanya biji kopi mengalami peningkatan dan penurunan, sampai akhirnya di tahun 2022/2023 Indonesia termasuk kedalam 10 negara penghasil kopi terbesar di dunia dan data ini Berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Baca Juga: Menilik Sejarah PDRI: Landasan Hari Bela Negara Sebagai Tonggak Perjuangan Bangsa

Dimana produksi kopi global mencapai 170 juta kantong per 60 kg kopi pada periode 2022/2023. Nah, Negara apa saja yang menjadi produsen kopi terbesar didunia? Berikut daftarnya:

1. Brazil
Negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah Brazil yang mendominasi pasar ekspor kopi dengan total 62,6 juta kantong, negara ini sudah mendominasi pasar dunia akan kopinya sejak tahun 1830.

2. Vietnam
Vietnam merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia dengan nilai ekspor kopi dengan total 29,8 juta kantong. Kopi sudah ada di Vietnam Setelah berakhirnya perang tahun 1975 dan sejak saat itu perkembangan produksi kopi di Vietnam terus menggeliat sampai saat ini.

3. Indonesia
Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-3 di dunia pada 2022/2023 dengan memproduksi kopi sebanyak 11,85 juta kantong. Jenis kopi yang di ekspor terbanyak adalah kopi robusta sebanyak 10,5 juta kantong disusul oleh kopi arabika sebanyak 1,3 juta kantong.

Baca Juga: Begini Nasib Manchester United Selepas era Sir Alex Ferguson! Bagaimana Rasanya Menjadi Fans MU?

4. Kolombia
Kolombia merupakan penghasil kopi terbesar keempat di dunia dengan memproduksi kopi sebesar 11,3 juta kantong. Kopi telah dikembangkan di Kolombia sejak tahun 1790 dan baru bisa mengekspornya di tahun 1835.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat