bdadinfo.com

Dulu Banda Aceh ke Pidie Bisa 3 Jam, Kini Lewat Jalan Tol Terbaru ini Cuma 1 Jam Sudah Sampai Tujuan: Rampung Tahun 2024! - News

Ilustrasi Jalan Tol Seulimeum-Padang Tiji yang akan menjadi jalan tol terbaru Provinsi Aceh, melalui jalan tol ini perjalanan dari Banda Aceh menuju Pidie menjadi lebih cepat (Instagram: kemenpupr)

- Provinsi Aceh terus mendorong pembangunan infrastruktur di daerahnya semakin lebih baik.

Salah satu proyek yang tengah didorong oleh Provinsi Aceh adalah mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Provinsi yang berada di ujung utara Pulau Sumatera ini sejatinya telah memiliki Jalan Tol Trans Sumatera sejak tahun 2020 lalu. 

Baca Juga: Akhirnya! 8 Ruas JTTS ini akan Tuntas Pembangunannya dan Beroperasi di Tahun 2024: Ada Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat

Ruas tersebut adalah Jalan Tol Sigli Banda Aceh yang menghubungkan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Pidie sepanjang 73 km terbagi dalam 6 (enam) seksi pembangunan.

Hingga saat ini proses konstruksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh hanya menyisakan 1 (satu) seksi saja dari enam seksi pembangunan.

Yaitu seksi satu Jalan Tol Seulimeum Padang Tiji sepanjang 25 km yang rencananya akan tuntas pembangunannya dan beroperasi pada semester pertama tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Baru Dibuka Langsung Jadi Primadona, Tol Terbaru Sumatera Utara ini Langsung Diserbu 4.000 Kendaraan 

Berbicara mengenai jalan tol di Aceh, tanah Serambi Mekkah ini telah memiliki beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera.

Terdapat beberapa seksi jalan tol yang telah beroperasi di Provinsi Aceh, antara lain Jalan Tol Seulimeum - Jantho, Jalan Tol  Indrapuri - Blang Bintang hingga ke Kuta Baro. 

Jika ruas tol ini beroperasi keseluruhan maka akan mempersingkat waktu tempuh antar daerah menjadi jauh lebih cepat.

Baca Juga: Asyik! Dulu Medan-Siantar Bisa Sampai 2 Jam Lebih Sekarang Cuma 60 Menit Lewat Tol Terbaru Sumatera Utara: Sudah Dibuka 

Sebagai contoh, perjalanan dari Kota Banda Aceh sebagai ibu kota provinsi menuju Kabupaten Pidie sebelumnya mencapai tiga jam perjalanan.

Lama perjalanan tersebut bahkan bisa jauh lebih panjang apabila lalu lintas tidak berjalan dengan lancar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat