bdadinfo.com

Terobosan PUPR: Jalur Pansela Jawa Timur Bertambah 90.227 KM, Siap Digunakan Saat Tahun Baru! - News

TEROBOSAN PUPR: JALUR PANSELA JAWA TIMUR BERTAMBAH 90,227 KM, SIAP DIGUNAKAN SAAT TAHUN BARU/Youtube

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara progresif terus membangun jalur Pansela di selatan Jawa.

Pada akhir tahun 2023, panjang total ruas jalan yang telah berhasil dibangun mencapai 90,227 kilometer dan telah siap digunakan untuk momen Natal dan Tahun Baru.

Jalur Pantai Selatan ini melibatkan tiga kabupaten utama, yakni Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Tulungagung. Salah satu ruas terpanjang, yakni Jarit – Puger yang terletak di Kabupaten Lumajang, memiliki total panjang mencapai 54 kilometer.

Baca Juga: Hari Ke-34 Kampanye Pilpres 2024: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Kompak Ke Ponorogo Di Rangkaian Safari Jawa Timur

Melansir dari laman resmi PUPUR, jalur Pansela direncanakan akan membentang dari ujung timur hingga ujung barat pulau Jawa, melintasi lima provinsi di Pulau Jawa dengan total panjang lintasan yang direncanakan mencapai 1.547 kilometer.

Pembangunan jalur Pansela ini diharapkan dapat mengurangi beban jalur Pantura dan menambah konektivitas pulau Jawa.

Jalur Pansela tidak hanya memperlihatkan kemajuan infrastruktur, tetapi juga menghadirkan pemandangan alam yang memukau.

Baca Juga: Krenn.., Kini Berlaku e-Audit untuk Pengawasan Berintegritas di Kota Padang

Melalui pinggiran pantai yang berbukit di bagian selatan Pulau Jawa, jalur ini menjanjikan pengalaman perjalanan yang menakjubkan.

“Kita terus promosikan jalur Pansela, agar orang tertarik lewat jalur selatan.

Bukan hanya jalannya saja yang bagus, tapi pemandangan dan objek wisatanya sangat menarik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Dukung Perlindungan Lingkungan Hidup di IKN, Satgas Tambang Bertemu Media

Pembangunan jalur ini terus diupayakan untuk memberikan aksesibilitas yang lebih baik, terutama dalam mendukung arus transportasi selama momen-momen penting seperti Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah berharap jalur Pansela dapat menjadi salah satu alternatif perjalanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan hari-hari istimewa ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat