bdadinfo.com

Bangga dan Jadi Teladan! Inilah 6 Tokoh Pahlawan Nasional Asal Sumatera Barat - News

Sisi lain Tuanku Imam Bonjol, pemimpin Perang Padri (Youtube Dafatar Populer)

- Sumatera Barat, sebagai daerah yang kaya akan sejarah dan kebudayaan.

Bahkan, Sumatera Barat telah melahirkan berbagai tokoh pahlawan nasional yang turut berperan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Berikut adalah enam tokoh pahlawan nasional asal Sumatera Barat yang patut diabadikan sebagai inspirasi bagi generasi masa kini.

Baca Juga: Ranperda Ketertiban Umum dan Kota Layak Anak Disahkan, Bukittinggi Siap Menuju Kota Inklusif dan Berkelanjutan

1. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta, atau akrab disapa Bung Hatta, adalah salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia dan Wakil Presiden pertama.

Lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902, Bung Hatta dikenal sebagai pemikir ekonomi dan sosial yang berperan besar dalam menyusun dasar negara Indonesia yang merdeka dan adil.

2. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir, lahir pada 5 Maret 1909 di Padang Panjang, merupakan Perdana Menteri Indonesia pertama setelah proklamasi kemerdekaan.

Tokoh negarawan ini dikenal sebagai pemimpin yang visioner dan berprinsip, memegang teguh nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.

Baca Juga: Debat Ketiga Pemilu 2024: Suasana Perang Urat Saraf antara Ganjar dengan Prabowo

3. Rasuna Said

Rasuna Said, lahir pada 8 Februari 1910 di Padang Panjang, adalah seorang pejuang kemerdekaan dan tokoh perempuan yang gigih memperjuangkan hak-hak perempuan.

Mendirikan Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani), Rasuna Said meninggalkan warisan sebagai tokoh perempuan berdedikasi dan berani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat