bdadinfo.com

Bikin Bangga, 5 Desa di Sumatera Barat ini Tidak hanya Jadi yang Tercantik di Indonesia Tapi juga Raih Sederet Penghargaan dan Rekor! - News

Desa Wisata Kubu Gadang, salah satu desa dari Sumatera Barat yang berhasil meraih penghargaan . Desa ini merupakan salah satu desa ynag tercantik di Indonesia. (Dok: Wisata Padang Panjan)

- Belum lama ini terdapat 5 (lima) desa wisata di Sumatera Barat yang meraih juara Anugerah desa wisata Indonesia atau ADWI 2023. 

Jumlah desa wisata yang mendaftar pada ajang ADWI 2023 ini sebanyak 4.573 dari total 7.275 desa wisata di Indonesia. 

Kemudian, 327 desa wisata di Sumatera Barat yang mendaftar, 5 diantaranya berhasil mengharumkan nama daerah dan masuk 75 desa wisata terbaik ADWI 2023 dan meraih juara di 5 kategori.

Baca Juga: 6 Kota Tersepi di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat: Tinggal di Sini Dijamin Tidak Punya Tetangga yang Ribet!

Tentunya raihan ini berkat keindahan alam Sumatera Barat yang termasyhur serta pengelolaan yang baik dari masing-masing desa tersebut.

Berikan 5 desa wisata dari Sumatera Barat yang menjadi desa tercantik dan meraih sederet penghargaan dan rekor. 

  1. Desa Wisata Puncak Lawang 

Desa ini merupakan unit penggerak pariwisata di Nagari Lawang yang terletak di kecamatan Matur Kab. Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Deretan 9 Proyek Terbesar dan Termahal Sumatera Barat! Ada yang sampai Mangkrak Padahal Nilai Proyeknya Capai Triliunan: Kok Bisa?

Berjarak sekitar kurang lebih 100 km dari kota Padang, Desa Wisata Lawang ini memiliki bentang alam yang sangat indah dan beragam dan terletak di ketinggian 12250 mdpl. 

Wilayah desa wisata Lawang merupakan wilayah perkebunan tebu sawah dan kebun bawang dan juga tebu Lawang salah satu komoditas unggulan yang diolah oleh masyarakat sekitar menjadi produk UMKM.

Desa Lawang juga terkenal dengan paralayangnya karena tempat paralayang di Puncak Lawang adalah salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Asyik! Mulai Hari ini Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara ini Bakal Beroperasi Penuh Tanpa Tarif Alias Gratis: Keluar Kota Makin Cepat Nggak Mikir Biaya

  1. Desa Muntei 

Desa Muntei Kec. Siberut Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai merupakan salah satu desa yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah.

Desa ini juga masih kental dengan adat dan tradisi, desa wisata Munte meraih juara satu kategori daya tarik pengunjung dan juga mendapat rekor MURI seni rajah tubuh atau tato tertua. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat