bdadinfo.com

Indonesia Gandeng Finlandia demi Wujudkan Smart Forest City di IKN, Begini Kesepakatannya - News

Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman (pu.go.id)

- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman bersama perwakilan dari 19 perusahaan Finlandia di Kantor Kementerian PUPR pada Senin, 29 Januari 2024.

Menteri Basuki menyatakan bahwa pertemuan ini bertujuan membahas potensi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Finlandia dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama terkait pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan, demi mewujudkan visi IKN sebagai Smart Forest City.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa guna mewujudkan konsep smart forest city, pihaknya sedang mengembangkan sistem yang memungkinkan pengoperasian seluruh infrastruktur yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui satu pusat komando.

Baca Juga: Mengenal Jenis Uang, Nilai dan Fungsinya, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 1 Halaman 181 Kurikulum Merdeka

Tujuannya adalah untuk memastikan adanya pelayanan yang terintegrasi dan optimal.

Menteri Basuki berharap mendapatkan dukungan dari Finlandia dalam pengembangan sistem tersebut.

"Untuk merealisasikan konsep smart forest city, kami tengah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengoperasian seluruh infrastruktur yang dibangun di Ibukota Nusantara (IKN) melalui satu pusat komando,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman PUPR.

Selain itu, Menteri Basuki berharap Finlandia dapat mengirimkan tenaga ahli untuk mengawasi proses pembangunan di IKN.

Baca Juga: 2 Minggu Menuju Pemilu 2024, Partai Gerindra Ajak Masyarakat Pilih Prabowo-Gibran

Menteri Perekonomian Finlandia, Wille Rydman menyampaikan bahwa sebanyak 50 perusahaan terkemuka dari Finlandia melihat potensi besar pada pembangunan IKN dan tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan kota pintar di IKN.

"Kami yakin Finlandia memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh Indonesia dalam pengembangan kota pintar ini. Oleh karena itu, kami sepenuhnya berkomitmen dan siap bekerja sama sebagai satu tim dengan Indonesia dalam pembangunan kota pintar Ibu Kota Nusantara (IKN) ini," ujar Willie Rydman.

Indonesia dan Finlandia telah berhasil menjalin kerjasama yang produktif, terutama dalam sektor energi, digitalisasi, dan pengembangan kota pintar.

Baca Juga: Menuju Indonesia Bebas dari Kemiskinan Ekstrem: Apa yang Dilakukan Pemerintah?

Hubungan perdagangan yang sangat baik antara kedua negara semakin diperkuat oleh perayaan ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat