bdadinfo.com

IKN Membangun Konsep Smart City dengan Kerja Sama Finlandia: Menuju Integrasi Infrastruktur melalui Command Center - News

IKN Membangun Konsep Smart City dengan Kerja Sama Finlandia (Pexels)

- Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur direncanakan akan menjadi smart city yang dikendalikan dari satu command center.

Pemerintah tengah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi dari Finlandia untuk membangun konsep smart city ini.

Seperti dikutip dari YouTube Pers Lokal, ini konsep di mana seluruh fungsi kota dapat dikendalikan dari satu ruangan yang disebut M Center.

Pada tanggal 29 Januari 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menerima kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia, Wille Rydman, bersama perwakilan dari 19 perusahaan asal Finlandia di kantor Kementerian PUPR.

Baca Juga: Wow! Jalan Tol Trans Sumatera Siap Mengubah Wajah Sumatera, Ini Manfaatnya

Basuki menyatakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan membahas potensi kerja sama dalam pembangunan IKN.

“Demi mewujudkan Smart forest City, kami sedang mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur yang dibangun di IKN dalam satu command center agar pelayanannya terintegrasi dan optimal kami harap Finlandia dapat membantu kami dalam pengembangan sistem ini.” kata Basuki.

Terutama terkait pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan untuk mewujudkan visi IKN sebagai Smart Forest City.

Menteri Basuki mengungkapkan bahwa mereka sedang mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur yang dibangun di IKN dilakukan melalui satu command center.

Baca Juga: Aceh Mengukir Sejarah! Resmi Diresmikan Jembatan Terpanjang Senilai Rp114 Miliar, Jadi Impian Rakyat selama 24 Tahun

Ini sehingga pelayanannya dapat terintegrasi dan optimal.

Harapannya adalah Finlandia dapat membantu dalam pengembangan sistem ini.

Selain itu, ia berharap Finlandia dapat mengirimkan tenaga ahli untuk mengawasi proses pembangunan di IKN, seperti yang telah dilakukan oleh kurator dan tenaga ahli lainnya.

“Kami sudah memiliki kurator dan beberapa tenaga ahli lainnya yang mengawasi dan mengevaluasi seluruh proses pembangunan infrastruktur di IKN. Kami harap Finlandia juga dapat mengirimkan setidaknya satu orang tenaga ahli.” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat