bdadinfo.com

Tol Jogja Cilacap Masih Baru akan Dibangun, Ternyata Cilacap Sudah Punya Tol Penghubung Selatan Jawa ini - News

Tol Jogja - Cilacap belum dibangun, ternyata Cilacap sudah punya tol ini (kominfo.cilacapkab.go.id)

- Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah yang akan mendapat giliran pembangunan jalan bebas hambatan atau jalan tol dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Seperti yang diketahui, saat ini sudah ada perencanaan pembangunan jalan tol jalan Tol Getaci (Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap), Tol Yogyakarta - Cilacap, dan Tol Tegal - Cilacap.

Namun, ketiga jalur tol tersebut hingga saat ini masih belum ada yang memulai proses konstruksinya.

Baca Juga: Deli Serdang Keren! Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan Bus Rapid Test Rute Mebidang, Kemajuan Kendaraan Umum di Indonesia, Kapan Rampung?

Dikabarkan, Tol Getaci masih melakukan proses pembebasan lahan, sedangkan Tol Yogyakarta - Cilacap direncanakan akan mulai pembangunan pada April 2024 ini.
Adapun Tol Tegal - Cilacap masih belum diketahui kabar lanjutannya.

Akan tetapi, warga Cilacap jangan berkecil hati, ternyata sejak tahun 2018 Kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Jawa Tengah ini sudah memiliki jalur tol, yaitu Tol Laut Selatan Cilacap tepatnya di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah.

Diresmikan pada Rabu, 9 Mei 2018 oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmiko di Dermaga Wijayapura Pelindo III Cabang Tanjung Intan dengan pelayaran perdana Kapal Perintis Route R-106, Tol Laut Selatan Cilacap melayani pelayaran perintis jalur selatan Jawa.

Baca Juga: Liga Serie A Hari Ini: Inter vs Juventus, Prediksi Susunan Pemain dan Skor Pertandingan

Rute pelayaran perintis tol laut di selatan Jawa meliputi tiga tahap.

Tahap pertama pelayaran perintis antar provinsi yaitu Cilacap - Banyuwangi - Celukan Bawang, Bali pulang pergi (PP).

Pelayaran perintis tol laut ini juga melayani pelayaran antar kabupaten di selatan Jawa, yaitu rute Cilacap - Pangandaran - Pelabuhan Ratu - Pangandaran - Cilacap - Kulon Progo - Pacitan - Trenggalek - Banyuwangi - Celukan Bawang, PP.

Baca Juga: Liga Inggris Hari Ini: Arsenal vs Liverpool, Prediksi Susunan Pemain dan Skor Pertandingan

Pada tahap ketiga, angkutan perintis tol laut selatan ini akan dilakukan crossing untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan.

Dengan adanya tol laut ini, akan memperlancar distribusi barang dan jasa, serta memperlancar roda perekonomian daerah selatan Jawa, sekaligus mengurangi kepadatan jalur darat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat