bdadinfo.com

Kota Cimahi Lagi Semangat! Segera Dibangun Bendungan Termegah Bakal Multifungsi Senilai Rp43,802 M, Kapan Rampung? - News

Bendungan, Cimahi  (Eky Irdean )

- Kota Cimahi telah melaksanakan konstruksi pengerjaan proyek strategis nasional (PSN), salah satunya Bendungan Situ Lembang yang terletak di Kecamatan Parongpong. 

Rehabilitasi Bendungan Situ Lembang yang tepatnya berada di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pengerjaan rehabilitasi bendungan tersebut dilakukan sejak tahun 2022 sampai pada tahun 2023 dengan biaya mencapai Rp43,802 miliar.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Dulang Suara 57 Persen di Jawa Barat, Ridwan Kamil Titip Pembangunan hingga Tawaran Jabatan Menteri

Sebelumnya, telah diketahui bahwa Bendungan Situ Lembang yang merupakan bendungan tua yang dibangun pada tahun 1912.

Bendungan Situ Lembang merupakan urugan tanah dengan tinggi 10,5m, panjang 350m dan luas waduk 54,97 hektar sehingga membentuk tampungan total 3,02 juta meter kubik. 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Citarum Bastari menyatakan bahwa bendungan ini berguna untuk konservasi daerah aliran sungai (DAS) Situ Lembang sejauh 6,05 km persegi. 

Baca Juga: Seruan Anies Baswedan Kepada Para Relawan dan Pendukungnya Menyikapi Hasil Pilpres 2024: Perjuangan Kita Belum Selesai!

Dengan sumber air baku untuk air minum Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat sebesar 200 liter per detik.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa untuk menghadapi tantangan perubahan iklim seperti hujan ekstrim.

Hujan ekstrim atau kekeringan panjang, Indonesia yang harus memperbanyak tampungan air, baik melalui embung dan bendungan. 

Baca Juga: Analisis Teks 'Ancaman di Jalan Raya', Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Paket C Modul 14 Kurikulum Merdeka

Selain itu, Bendungan Situ Lembang juga digunakan sebagai bagian dari prasarana latihan militer karena berada di wilayah latihan Pusdiklatpasus.

“Salah satu adaptasi perubahan iklim dapat dilakukan dengan mengoptimalkan dan merehabilitasi bendungan, termasuk Bendungan Situ Lembang di Kabupaten Bandung Barat ini,” ungkap Basuki. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat