bdadinfo.com

Berani Rogoh Dana Rp15,53 T! Ternyata Jembatan Baru dan Terpanjang Ini Bakal Jadi Penghubung Lintas Provinsi Tak Jauh dari Samarinda - News

Jembatan Tol Balikpapan-Penajam (Freepik)

- Mega proyek strategis nasional di Kalimantan Timur Tengah dalam progres pengerjaan termasuk pembangunan Jembatan Tol Balikpapan - Penajam. 

Gubernur Awang Faroek Ishak dan Bupati, Yusran Aspar saat meninjau kawasan pabrik PT Waskita Beton Precast Tbk yang berlokasi di Kawasan Industri Buluminung PPU.

Kunjungan kerja tersebut usai meresmikan dimulainya pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan - Penajam.

Baca Juga: Proyek Gila di Sumbar Dulu Ditolak Sekarang Malah Didukung, Tol Padang-Pekanbaru Tembus Bukit Barisan Bakal Jadi Kenyataan di 2032? 

Launching Jembatan Tol sebesar Rp17 triliun ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Awang Faroek bersama Bupati, PPU H Yusran Aspar pada Minggu 12 Mei. 

Awang Faroek menegaskan pembangunan Jembatan Tol Balikpapan - Penajam yang merupakan upaya pemerintah untuk membangun konektifitas antar daerah. 

"Proyek ini bukanlah mimpi, tetapi kenyataan. Kita bangun konektifitas antardaerah lintas kabupaten dan kota bahkan lintas provinsi di Kalimantan," ujar Awang. 

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa Hari Ini Rabu 13 Maret 2024/1445 H Kota Bukittinggi Plus Tempat Ngabuburit dan Menu Pavorit di Bukittinggi

Selain itu, Jembatan yang memiliki panjang 7,6km ini akan menghubungkan beberapa kawasan ekonomi dan industri di Kalimantan Timur. 

Kawasan yang termasuk jalan tol Samarinda - Balikpapan dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan Balikpapan.

Gubernur meyakinkan jembatan tol yang dibangun BUMN ini akan menjadi wahana percepatan pertumbuhan ekonomi Kaltim bahkan nasional. 

Baca Juga: 10 Tahun Berlalu, Atap Tribun Stadion Utama Sumbar Masih Bolong-bolong: Nasibnya Bakal Lanjut atau Mangkrak? 

Awang mengungkapkan bahwa pembangunan Jembatan Tol yang dibangun melalui pola kerjasama pemrakarsa Waskita Tol telah mencapai progres 60 persen.

Dengan Perusda Kaltim 20 persen dan Perusda Kota Balikpapan 5 persen serta Perusda PPU 15 persen.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat