bdadinfo.com

Stadion Utama Sumbar Dibekali Teknologi Tahan Gempa dan Usung Konsep Green Building, 10 Tahun Berlalu Progres di 2024 Sampai Mana?  - News

Stadion Utama Sumbar Dibekali Teknologi Tahan Gempa dan Usung Konsep Green Building (ilustrasi foto Pixabay.com/millennialwealth )

– Pembangunan Stadion Utama Sumbar yang sudah dimulai sejak tahun 2014 belum juga tuntas sepenuhnya.

Kendati demikian, warga Sumbar masih terus menantikan realisasi dari stadion ini. Stadion yang dalam pembangunannya sudah dibekali dengan teknologi tahan gempa dan mengusung konsep green building yang ramah lingkungan.

Kira-kira sudah sampai mana progresnya di tahun 2024 setelah satu dekade berlalu?

Baca Juga: Terobosan Baru! Main Bola di Stadion Utama Riau Tak Perlu Lagi Rogoh Kocek Hingga Ratusan Juta, Cukup Rp3 Juta: Dalam Rangka Apa? 

Stadion Utama Sumatera Barat dirancang dengan konsep modern.

Stadion ini memadukan beton dan baja dengan konsep Green Building yang ramah lingkungan.

Misalnya seperti yang bakal diterapkan pada selasar menuju tribun penonton yang menggunakan penghawaan alami sebagai bagian dari upaya mengurangi penggunaan Air Conditioner dan pemanfaatan Solar Cell untuk penghematan energi yang digunakan pada penerangan fasilitas umum stadion.

Baca Juga: Stadion Utama Sumbar Bakal Full Tribun Gantung, Konsep Modern, dan Biaya Fantastis: Progres sudah Sampai Mana? 

Kawasan Stadion Utama Sumbar juga dilengkapi dengan bio filter dan kolam resapan mini di sekelilingnya.

Hal ini berguna untuk mengelola air kotor untuk digunakan kembali sehingga dapat mengurangi eksploitasi air yang berlebihan.

Selain ramah lingkungan, stadion ini juga memperhatikan aspek keselamatan dengan membangun struktur bawah stadion yang dirancang dengan Pondasi Pile Cap yang tahan terhadap ancaman gempa.

Baca Juga: Sumut Ngebut! Garap Stadion Sport Center dengan Cepat, Stadion Utama Sumbar Jalan di Tempat?

Hal ini mengingat daerah Sumatera merupakan daerah dengan resiko gempa yang tinggi di Indonesia.

Stadion ini juga bakal memiliki 10 pintu masuk yang ada tiap sisinya karena memperhatikan aspek keselamatan pengunjung dengan memiliki jalur evakuasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat