bdadinfo.com

Imbau Warga Tak Mudik Lebaran Naik Motor, Menko PMK Dorong Organisasi dan Perusahaan Swasta Sediakan Mudik Gratis - News

Menko PMK Dorong Organisasi dan Perusahaan Swasta Sediakan Mudik Gratis

Musim mudik Lebaran sebentar lagi akan tiba, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy lantas mengimbau warga untuk tidak mudik naik sepeda motor.

Oleh sebab itu, Muhadjir Effendy menghimbau perusahaan swasta serta organisasi kemasyarakatan untuk menyediakan mudik gratis.

Pemerintah sendiri telah menyediakan program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.

Baca Juga: Kate Middleton Muncul Bareng Pangeran William Usai Dirumorkan ‘Menghilang’, Teori Konspirasi Netizen Bermunculan

“Saya mengimbau agar perusahaan-perusahaan swasta, kemudian organisasi-organisasi kemasyarakatan juga bisa memberikan pelayanan berupa mudik gratis,” tutur Muhadjir Effendy, dikutip dari laman resmi Humas Polri, Senin, 18 Maret 2024.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy juga akan mengupayakan agar masyarakat yang mudik dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda dua disediakan angkutan khusus.

“Untuk mudik gratis ini kita upayakan nanti mereka yang berkendaraan roda dua itu kita siapkan sendiri kendaraan pengangkutnya, termasuk yang akan mudik melalui kapal laut. Jadi untuk mudik kapal laut itu roda dua bisa dimasukkan di kapal sekaligus,” beber Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Wajib Tahu! Sikat Gigi pada Siang Hari dan Beberapa Hal yang Hukumnya Ambigu saat Bulan Ramadhan

Menurut Muhadjir Effendy, masyarakat tinggal membeli tiket mudik secara online. Hal ini untuk menghindari antrean panjang di terminal atau stasiun.

“Kita mengimbau agar masyarakat melakukan pembelian tiket melalui layanan pembelian tiket check-in dan boarding melalui online,” jelasnya.

“H-1 paling lambat. Sehingga jangan sampai datang ke stasiun atau tempat penyeberangan itu belum membawa tiket. Karena nanti akan mengalami kesulitan, karena sekarang sudah ada prosedur yang sudah kita atur jauh lebih rapi dibanding tahun-tahun yang lalu,” tambahnya.

Baca Juga: Rezeki Nomplok, 2 Kabupaten di Sulteng Ini akan Jadi Lokasi Proyek Raksasa Terusan Khatulistiwa yang Bakal Membelah Pulau Sulawesi Menjadi Dua Bagian!

Di sisi lain, sejumlah perusahaan BUMN telah menyediakan program mudik gratis untuk masyarakat. Salah satunya PT PLN (Persero) yang menyediakan lebih dari 6 ribu kuota mudik di seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, program ini diluncurkan karena tingginya angka pemudik menggunakan sepeda motor yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat