bdadinfo.com

Lebaran Sebentar Lagi! Kalimantan Selatan Sediakan Mudik Gratis Non Prabayar dengan Target Penumpang 1.000 Pemudik, Catat Tanggal Mulainya... - News

Mudik Gratis Lebaran, Kalimantan Selatan  (Freepik)

Pulang kampung bukanlah hanya pergi ke kampung halaman, tetapi juga merupakan sebuah prosesi dalam festival perjalanan hidup.

Mudik itu sendiri diartikan sebagai kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. 

Namun, rupanya kata mudik sebenarnya adalah singkatan yang berasal dari bahasa Jawa ngoko yakni singkatan dari ‘mulih dhisik’ yang artinya ‘pulang dulu’. 

Baca Juga: Update Progres Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara di Kalimantan Timur hingga Maret 2024, Masih Dikebut!

Kegiatan mudik telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia yang sudah berlangsung lama.

Serta menjadi momen yang sangat dinanti - nanti setiap tahunnya, terutama saat Lebaran tiba. 

Pasalnya, baru ini terdengar kabar baik dari Pemprov Kalimantan Selatan melalui Dishub Provinsi Kalsel pada 2024 kembali melaksanakan Mudik Gratis.

Baca Juga: Lupa Baca Doa Niat Apakah Puasa Ramadan Tetap Sah? Simak Penjelasannya!

Mudik gratis dengan target mengangkut 1.000 pemudik yang akan dilaksanakan pada sekitar 6-7 April mendatang.

Hal tersebut sesuai instruksi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, pada 2023 lalu Paman Birin atau sapaan akrab Gubernur Kalsel meminta agar memaksimalkan kolaborasi pelaksanaan angkutan mudik gratis.

Kolaborasi pelaksanaan angkutan mudik gratis dengan menggandeng Damri dan Organda sehingga dapat melayani lebih banyak pemudik.

Baca Juga: Pemerintah Sulawesi Tengah Merencanakan Terusan Laut 28 KM untuk Menghubungkan Selat Makassar dan Teluk Tomini

Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan bahwa Dishub Kalsel berkoordinasi dengan Organda untuk penyediaan layanan angkutan dari anggota Organda.

Anggota Organda dengan terlebih dahulu melakukan ramp check uji kelayakan dan keselamatan armada angkutan yang akan digunakan saat lebaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat