bdadinfo.com

Update Progres Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara di Kalimantan Timur hingga Maret 2024, Masih Dikebut! - News

Progres pembangunan IKN tahap 1 mencapai 77%, fokus pada infrastruktur dasar seperti istana kepresidenan dan jalan tol. Jalan tol dari Balikpapan ke IKN mencapai progres 70% lebih, diharapkan beroperasi fungsional Juni 2024 untuk mempersingkat waktu tempuh.

- Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, telah mengupdate progres pembangunan di Ibukota Negara IKN Nusantara di Kalimantan Timur hingga pertengahan Maret 2024. 

Progres pembangunan tahap 1 sudah mencapai 77%, dengan fokus utama pada proyek-proyek infrastruktur dasar di KPP atau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan.

Seperti istana kepresidenan dan lapangan upacara yang ditargetkan untuk menjadi tempat dilaksanakannya Upacara HUT RI 2024 mendatang.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Harga dan Stok Bahan Pokok, serta Berikan Bantuan pada Pedagang di Pasar Kawat, Sumatera Utara

Selain itu, seperti yang dikutip dari YouTube Top Konstruksi, progres pembangunan infrastruktur jalan tol di IKN tahap 1 juga semakin maju. 

Paket-paket pekerjaan konstruksi jalan tol dari Balikpapan ke IKN rata-rata telah mencapai progres hingga 70% lebih. 

Pembangunan jalan tol ini terdiri dari tiga seksi, yaitu seksi 3A Karang Jawang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 KM yang sudah mencapai 72%, seksi 3 BKKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 KM yang sudah mencapai 74%, dan seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 KM yang sudah mencapai 78%.

Baca Juga: Baru Dirilis, Jersey Baru Timnas Indonesia Picu Kritik dan Reaksi Netizen: Jersey Timnas Terburuk yang Pernah Ada

Ketua Satgas Dani optimis bahwa jalan tol ini bisa dioperasikan secara fungsional pada Juni 2024 mendatang. 

Pada bulan Juni nanti, akan dicoba secara fungsional dari jalan tol Balikpapan-Samarinda exit di GT Karang Joang, jalan akses Kariangau sampai ke arah jembatan Pulau Balang hingga KPP.

Meskipun konektivitas TKN saat ini masih dinilai belum efektif karena masyarakat harus memutar melalui jalan tol sampai km 38 yang membutuhkan waktu tempuh lebih dari 2 jam.

Baca Juga: Pekan Imunisasi Dunia 2024: Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes Sampaikan Pentingnya Program Imunisasi pada Bayi dan Anak

Dengan beroperasinya jalan tol IKN ini ditargetkan waktu tempuh menuju IKN menjadi lebih singkat, sekitar 60 menit saja.

Selain tiga seksi pada pembangunan jalan tol tahap 1, konstruksi sejumlah seksi jalan tol IKN lain juga tengah berlangsung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat