bdadinfo.com

14 PSN Baru Disetujui Jokowi, Seluruh Anggaran Murni dari Sektor Swasta, Airlangga: Tidak Membutuhkan APBN - News

14 PSN disetujui Jokowi dengan dana Swasta, tanpa APBN (Pixabay)

Pemerintah melakukan akselerasi Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagai wujud untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara menyeluruh.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan beberapa hal mengenai perkembangan PSN dalam Rapat Internal Percepatan Proyek Strategis Nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka pada Senin, 18 Maret 2024.

Airlangga mengatakan, dalam rapat tersebut dilaporkan akan ada pembangunan 14 PSN baru yang seluruh pembiayaannya murni dari sektor swasta.

Baca Juga: Berita Duka! Aktor Donny Kesuma Hudayat Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

“Dilaporkan kepada Bapak Presiden 14 PSN yang baru, pembiayaannya murni dari swasta, menciptakan lapangan kerja dan tidak membutuhkan APBN, dan ini disetujui oleh Pak Presiden,” kata Airlangga, dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet.

Pembangunan 14 PSN baru yang anggarannya murni dari swasta itu mengisyaratkan bahwasanya tidak ada dukungan dari APBN dalam hal pembiayaannya.

Selain itu, pertimbangan lainnya yang mendasari pembangunan 14 PSN baru ini adalah adanya faktor kesiapan proyek, mendukung pemerataan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan dukungan dari Kementerian Sektor.

Baca Juga: Pemerintah Kaltim Umumkan Anggaran Triliunan Rupiah untuk Kemantapan Infrastruktur Jalan

Dilansir dari laman resmi Kemenko Perekonomian, Airlangga menyampaikan terkait total PSN yang sudah selesai tahap pembangunannya dan telah beroperasi penuh.

“Secara kumulatif sejak tahun 2016 sampai dengan Februari 2024, sudah selesai 195 PSN dan beroperasi penuh dengan nilai Rp1.519 triliun. Sedangkan, 77 proyek dan 13 program dalam tahap konstruksi atau operasi sebagian, nilainya Rp2.960,7 triliun,” ujarnya.

Ia juga menyebut jika ada 41 PSN yang ditargetkan rampung pada akhir 2024.

Baca Juga: Lagu We Cant Be Friends Milik Ariana Grande Bikin Warga TikTok Sedih, Ternyata Ini Maknanya!

41 PSN tersebut antara lain, 5 proyek (target selesai pada periode Januari-Maret 2024), 24 proyek (target selesai pada periode April-September 2024), dan 12 proyek (target selesai pada periode Oktober-Desember 2024).

Namun, dari 36 PSN yang ditargetkan selesai pada periode April-Desember 2024, terdapat berbagai isu yang telah dilaporkan, terutama yang terkait dengan pengadaan lahan dan tata ruang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat