bdadinfo.com

Dibiayai oleh Pihak Swasta 100 Persen, Peresmian Bandara Dhoho Kediri Tinggal Menunggu Tanggal: Pj. Gubernur Jatim Beri Sinyal - News

Peresmian Bandara Dhoho Kediri Tinggal Menunggu Tanggal (YouTube WIKA Gedung)

Kabar mengenai peresmian Bandara Dhoho Kediri kian dinanti oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Kediri, Jawa Timur.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah memberikan sinyal mengenai pengoperasionalan Bandara Dhoho Kediri yang nantinya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

Sinyal tersebut disampaikan oleh Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, yang mengatakan bahwa Bandara Dhoho Kediri diharapkan dapat segera beroperasi menjelang lebaran, sehingga bisa memecah penumpang yang datang melalui Bandara Juanda.

Baca Juga: Selebgram Kolombia Unggah Video Pasca Dibilang Mirip Nessie Judge, Warganet: Kak Nessie yang Mana?

“Kami sebetulnya sangat berharap operasional ini menjelang lebaran, supaya bisa memisah memecah penumpang yang turun dari Juanda, bisa ke sini,” kata Adhy, sebagaimana dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube TVRI Jawa Timur pada 20 Maret 2024.

Adhy menyebut segala sesuatunya sudah siap, seperti uji coba di Bandara Dhoho Kediri yang sudah selesai dilakukan.

Selain itu, semua perizinan yang terkait dengan bandara juga telah lengkap dan sudah diajukan ke Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Posko Pengungsian, Korban Banjir Demak Minta Tanggul Jebol Segera Ditanggulangi

Pihaknya pun sudah menyampaikan kepada Sekretariat Negara, agar Presiden dapat melakukan penjadwalan untuk peresmian Bandar Udara tersebut.

Kini, pihaknya tinggal menunggu jadwal resmi dari Presiden dan jika waktunya sudah ditentukan, maka Bandara Dhoho Kediri akan segera dapat launching.

Bandara Dhoho Kediri sendiri dibangun dengan luas terminal 18.224 meter persegi dan memiliki landasan pacu yang panjangnya mencapai 3.300 meter x 45 meter.

Baca Juga: Full Senyum! Verrell Bramasta Ucapkan Syukur Usai Lolos sebagai Anggota DPR RI 2024-2029

Menariknya, Bandara Dhoho Kediri merupakan bandar udara yang diprakarsai dan dibiayai oleh pihak swasta 100% (non APBN) yang pertama di Indonesia.

Bandara ini nantinya dapat dilandasi oleh berbagai jenis pesawat, termasuk sekelas Boeing 777.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat