bdadinfo.com

Woow! Pembangunan Bendungan Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah Inilah Ditargetkan Rampung Tahun 2024, Ada di Kabupaten? - News

Bendungan Bener, Jateng (Freepik)

- Mega proyek strategis nasional di Jawa Tengah pun perlahan-lahan mulai dibangun dan tahap pengerjaan Bendungan tertinggi di Indonesia.

Bendungan tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Tengah tersebut dinamakan “Bendungan Bener”berlokasi di Kabupaten Purworejo

Diketahui Bendungan Bener yang akan menjadi bendungan tertinggi di Indonesia mencakup luasan 550 hektare.

Baca Juga: Persaingan Ketat! Kalimantan Tengah Siap-siap Miliki Jembatan Baru Bakal Terpanjang di Indonesia, Jadi Penghubung 2 Kelurahan Terisolasi?

Cakupan luasan hingga 550 hektare terdiri dari 295 ha di wilayah Purworejo dan 265 ha di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Dengan tahapan pembangunan Bendungan Bener itu sendiri dimulai dengan pengukuran tanah oleh BPN dan appraisal oleh konsultan. 

BPN dan appraisal oleh konsultan dilanjutkan review hasil pengukuran dan appraisal oleh BPKP Yogyakarta.

Baca Juga: Mengurai Megahnya Jalan Nanga Era, Pembangkit Akses Baru antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur

Kemudian bermusyawarah dengan warga pemilik tanah oleh BBWSO serta pembayaran oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Sementara, 1.271 bidang belum bermusyawarah karena masih menunggu hasil review BPKP, 1 orang menolak dan mengajukan gugatan ke PN Purworejo.

Appraisal tahap 3 sebanyak 325 bidang tanah dan telah selesai. Sedangkan appraisal tahap 2 sebanyak 2.085 bidang tanah mengalami gagal lelang.

Baca Juga: Baru Resmi! Konstruksi Proyek Jembatan Dibangun Terpanjang dan Pertama di Kalimantan Tengah Demi Penopang Kemajuan Ekonomi di 2 Desa Ini

Dilanjut appraisal tahap 4 sebanyak 1.770 bidang tanah, baru dalam proses lelang dan selesai Maret 2020. 

Sehingga dari pengukuran 3.547 bidang yang telah di appraisal sebanyak 1.777 bidang dan yang belum 1.770 bidang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat