bdadinfo.com

Wow! Jembatan Baru Senilai Rp250 M di Kalimantan Punya Panjang Hampir Setengah Kilo, Sambungkan Dua Daerah dan Dua Negara? - News

Ilustrasi Jembatan Kapuas 1 di Pontianaka, Kalimantan Barat senilai Rp250 miliar dapat mengkoneksikan dua daerah (Freepik)

- Pemerintah indonesia belum lama ini telah merampungkan pembangunan infrastruktur jembatan yang diketahui berlokasi di Pulau Kalimantan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir meresmikan duplikasi Jembatan Kapuas 1 di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

Pembangunan Jembatan Kapuas 1 ini terwujud berkat dana anggaran yang mencapai sekira Rp275 miliar.

Baca Juga: Dulu Nyaris Mangkrak, Tol Kapal Betung Kini Dapat Dana Fantastis dari Jokowi: Sumatera Selatan Jadi Kesayangan Pemerintah?

Jembatan Kapuas 1 ini dibangun dengan memiliki panjang bangunan total 430 m dan lebar 8 m.

Presiden Jokowi dalam peresmiannya berharap Jembatan Kapuas 1 tersebut dapat memperkuat infrastruktur dan meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas.

Utamanya pada wilayah di Kota Pontianak dan sekitarnya yang diharapkan juga dapat mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah tersebut.

Baca Juga: Asyik! Jawa Timur Siap Sambut 3 Stadion Muka Baru Berstandar FIFA: Lapangan Kelas Eropa Sudah Bisa Dipakai di Akhir Tahun 2024?

Lebih lanjut, pembangunan Jembatan Kapuas 1 tersebut tidak hanya sebagai Simbol kemajuan infrastruktur di Kalimantan Barat tetapi juga sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi kemacetan.

Selain itu, Jembatan Kapuas 1 diyakini dapat mempercepat distribusi barang dan jasa antara pusat Kota Pontianak dan Kecamatan Pontianak Timur menuju ke Mempawah, Singkawang, Sambas hingga kawasan perbatasan negara.

Pembangunan Jembatan Kapuas 1 ini juga menjadi salah satu langkah pemerintah dalam menghadirkan pemerataan pembangunan di daerah-daerah.

Baca Juga: Paling Niat! 1.298 Km Jalan di Lampung Dipersiapkan Sambut Mudik Lebaran Idul Fitri 2024: JTTS Kasih Diskon Lewat Ruas Sini

Khususnya daerah yang membutuhkan peningkatan aksesibilitas pembangunan. Hadirnya Jembatan Kapuas 1 ini juga akan mengurangi beban jembatan lama.

Sebagaimana diketahui, jembatan lama telah beroperasi sejak tahun 1982 lalu. Menariknya, peresmian Jembatan Kapuas 1 bertepatan dengan momen kulminasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat