bdadinfo.com

3 Ruas Rangkaian Jalan Tol Trans Jawa akan Dioperasikan Gratis Saat Mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2024, Satu Ruas Diperlebar Lajurnya: Tol Mana? - News

Terdapat 3 ruas jalan tol bagian dari Jalan Tol trans Jawa yang akan dioperasikan secara gratis saat mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. (Instagram: pupr_bpjt)

- pemerintah saat ini tengah mempersiapkan 3 (tiga) ruas jalan tol baru untuk dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini.

Adapun ketiga jalan tol tersebut berada di Pulau Jawa dan terbagi di sejumlah wilayah yang berbeda. 

Hingga saat ini jalan tol yang beroperasi secara keseluruhan di Indonesia mencapai 2.835 kilometer.

Baca Juga: Palembang-Jambi yang Dulu 8 Jam Lebih Kini Bakal Jadi 3 Jam Semakin Dekat, Jalan Tol Penghubungnya Sudah Mendekati Akhir: Rampung Tahun 2024 ini!

Terkhusus untuk di Pulau Jawa, panjang jalan tol yang beroperasi yang siap digunakan untuk dilintasi para pemudik pada mudik lebaran tahun 2024 ini yakni sepanjang 1.782 km.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) direncanakan akan membuka secara fungsional tiga ruas jalan tol yang ada di Pulau Jawa.

Hal tersebut ditujukan demi memberikan kelancaran perjalanan para masyarakat yang hendak melaksanakan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

Baca Juga: Wow! Jembatan Baru Senilai Rp250 M di Kalimantan Punya Panjang Hampir Setengah Kilo, Sambungkan Dua Daerah dan Dua Negara?

Menariknya, ketiga ruas jalan tol yang akan dioperasikan secara fungsional tersebut tidak akan dikenakan tarif alias gratis.

Sewaktu melintas di tiga jalan tol fungsional ini, pengendara cukup melakukan tapping kartu uang elektronik di gerbang tol tanpa dipotong saldo.

Berikut tiga jalan tol fungsional yang akan dioperasikan secara fungsional di Pulau Jawa saat mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri, yakni:

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Solo-Yogyakarta Dioperasikan Gratis, Mudik Lebaran Idul Fitri yang Dulu 2 Jam Kini Cuma 45 Menit Sudah sampai Lokasi!

  1. Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Cikeas Cibitung sepanjang 19,65 km.

  2. Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3 Kutanegara - Sadang sepanjang 8,5 km.

  3. Jalan Tol Solo Yogyakarta NYIA Kulonprogo Seksi Kartasura Karanganom sepanjang 22,3 km.

Selain itu, terdapat juga peningkatan kapasitas jalan tol bagi para pemudik di rangkaian Jalan Tol Trans Jawa yang telah dilakukan penyelesaian pelebaran lajur.

Adapun ruas jalan tol yang melakukan pelebaran lajur tersebut ada pada ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (KM 71 sampai dengan KM 85).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat