bdadinfo.com

Transformasi Menuju Masa Depan yang Lebih Baik! Jakarta, Medan, dan Makassar Bersaing dalam Daftar Smart City Index 2023 - News

Jakarta, Medan, dan Makassar Bersaing dalam Daftar Smart City Index 2023 (Freepik.com/@mrsiraphol)

- Setiap tahun, IMD World Competitiveness Center's Smart City Observatory merilis daftar Smart City Index (SCI) yang mengukur kemajuan kota-kota di seluruh dunia dalam menerapkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup warganya.

Baca Juga: Lokasi Harta Karun Pulau Emas yang Terletak di Perut Bumi Papua Nugini Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Jagatraya

Tahun ini, Indonesia dapat membanggakan tiga kota yang berhasil masuk ke dalam daftar prestisius tersebut: DKI Jakarta, Medan di Sumatra Utara, dan Makassar di Sulawesi Selatan.

Dalam daftar SCI 2023 yang melibatkan 141 kota dari berbagai belahan dunia, Jakarta menduduki peringkat ke-102, Medan berada di urutan ke-112, dan Makassar menempati posisi ke-114.

Meskipun masih memiliki tantangan besar, kehadiran ketiga kota ini dalam daftar tersebut merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya menciptakan kota-kota yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

Baca Juga: Jawa Barat Terang Benderang! Diam-diam Bangun PLTGU Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Gas Terbesar di Asia Tenggara

Transformasi Kota Jakarta: Menerapkan Solusi Terkini

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki tantangan unik dalam mengelola populasi yang padat dan mobilitas yang tinggi.

Namun, kota ini berhasil menunjukkan kemajuan dalam memenuhi kebutuhan sanitasi dasar di daerah miskin, fasilitas daur ulang yang memadai, serta sistem transportasi publik yang efisien.

Baca Juga: Perjalanan Rangkaian Produk Kecantikan Buttonscarves Beauty Hadir di Shopee Big Ramadan Sale, Senantiasa Menunjang Penampilan Menawan

Jakarta juga berhasil mempermudah akses informasi pemerintah daerah dan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai bagi warganya.

Namun, Jakarta juga dihadapkan pada beberapa masalah yang perlu segera ditangani, seperti polusi udara yang semakin memburuk, kemacetan yang parah, dan tingkat korupsi yang tinggi.

Untuk mempertahankan statusnya sebagai kota pintar terbaik di Indonesia, Jakarta harus fokus pada upaya peningkatan kualitas udara, pengelolaan lalu lintas yang lebih efisien, dan pemberantasan korupsi di semua tingkatan pemerintahan.

Baca Juga: Lokasi Harta Karun di Jawa Barat Berada di Gunung Seluas Mencapai 6.042 Hektare Hasilkan 2 Ton Emas Per Tahun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat