bdadinfo.com

Segera Dibangun! Konstruksi Pembangunan Jembatan Baru Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia, Ada di Kabupaten Bengkalis Ini... - News

Jembatan Pulau Bengkalis, Bengkalis (Freepik)

- Pembangunan proyek strategis nasional di Pulau Sumatera masih terus berlanjut dari PSN, salah satunya Jembatan Pulau Bengkalis.  

Tahap pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis sebelumnya telah melaksanakan penandatanganan naskah kesepakatan pembangunan Jembatan.

Kendati penandatanganan tersebut sudah dilakukan oleh Bupati, Kasmarni dan Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn), H. Edy Natar Nasution di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Riau pada Rabu 13 Desember 2023.

Baca Juga: Pas Darurat! Kabupaten Konawe Bakal Miliki Jembatan Terpanjang Dibuat Dari Pohon Kelapa Inilah Jadi Jalan Akses di Kecamatan...

"Saya yang lahir dan besar di Pulau Bengkalis, menurut saya jembatan ini adalah keinginan yang perlu kita upayakan untuk diperjuangkan,” ujar Edy Natar. 

“kedepannya. Setidaknya ada lima alasan mengapa jembatan tersebut harus dibangun yakni alasan historis,”

“alasan ekonomis, alasan strategis alasan kompromistis dan alasan logis," tandas Gubri, Edy Natar.

Baca Juga: Guncangan Gempa Tuban Jawa Timur Masih Terasa hingga Sekarang, BMKG Ungkap Misteri penyebabnya, Cek Faktanya Disini!

Tahap selanjutnya, telah memasuki studi kelayakan konstruksi pembangunan jembatan penghubung Pulau Bengkalis dengan Pulau Sumatera (Sungai Pakning). 

Tim Studi Kelayakan yang melakukan presentasi akhir di hadapan Wakil Bupati Bengkalis, Dr H Bagus Santoso. 

Diketahui Tim Studi menyampaikan dua alternatif trase jembatan meliputi Alternatif pertama jembatan.

Baca Juga: Beda dari yang Lain, Jelang Mudik Lebaran Idul Fitri Jalan Tol di Daerah ini Paling Sepi Se-Sumatera: Tolnya Tidak Laku?

Pertama Jembatan yang akan dibangun berdasarkan plot rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Bengkalis 2022-2024.

Penetapan lokasi di wilayah Sumatera yakni lokasinya disekitar kawasan industri Buruk Bakul sedangkan di Pulau Bengkalis, tepatnya sekitar Pangkalan Batang. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat