bdadinfo.com

Titik Lokasi Harta Karun Gunung Emas di Indonesia Seperti di Kongo Yang Tak Pernah Habis Ditelan Zaman Terletak di Puncak Gunung Tertinggi - News

 tambang Grasberg adalah tambang tembaga dan emas yang terletak di Tembagapura, dekat Gunung Puncak Jaya (dahulu Puncak Jayawijaya atau Gunung Carstensz) di Pegunungan Barisan Sudirman, Provinsi Papua.

- Dunia sudah mengakui bahwa tambang Grasberg adalah tambang tembaga dan emas yang terletak di Tembagapura, dekat Gunung Puncak Jaya (dahulu Puncak Jayawijaya atau Gunung Carstensz) di Pegunungan Barisan Sudirman, Provinsi Papua.

Baca Juga: Titik Lokasi Harta Karun Peninggalan Zaman Belanda di Sumatera Barat Hasilkan 50 Kg Per Hari, Diam-diam Dikeruk Penduduk Setempat Tanpa Izin

Tambang Grasberg dikenal sebagai tambang yang memiliki cadangan emas terbesar, dan cadangan tembaga terbesar kedua di dunia.

Hingga 2019, Grasberg merupakan tambang terbuka (open-pit mining), di mana tambang tersebut bertransisi ke pertambangan bawah tanah dengan skala besar (large-scale underground mining).

(“Grasberg Open Pit Copper Mine, Tembagapura, Irian Jaya, Indonesia” 2020) Kini, Grasberg dikelola oleh PT Freeport Indonesia yang beroperasi melalui Kontrak Kerja (Contract of Work) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga: Karina aespa dan Lee Jae Wook Dikonfirmasi Putus Usai 5 Minggu Pacaran Go Public, Alasannya Bikin Sedih

Pertama ditemukan oleh Jean Jacques Dozy, seorang geology Belanda anggota ekspedisi ke Gunung Carstensz pada tahun 1936.

Tambang Grasberg pertama dibuka oleh Forbes Wilson, geolog dan vice president Freeport Minerals Co., sebuah perusahaan tambang swasta milik Amerika Serikat. Pada tahun 1960, Wilson mengirimkan ekspedisi ke Gunung Grasberg dan Ertsberg, dan menemukan cadangan tembaga yang potensial.

Setelah munculnya Pemerintah Orde Baru Soeharto pada tahun 1966, Grasberg merupakan salah satu konsesi investasi asing pertama yang ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia (McDonald 1980, 81–82). Tambang tersebut pertama beroperasi pada tahun 1973.

Tambang Grasberg telah lama menjadi sumber permasalahan bagi lingkungan hidup dan sosial di Papua.

Baca Juga: Progres Pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat: Semangat! PT Hutama Karya Kejar Target Agar Cepat Selesai

Salah satunya adalah bagaimana tambang ini memproduksi limbah (tailing) secara masif, yang dialirkan ke sistem sungai Aikwa dan Laut Arafura (Perlez and Bonner 2005).

Selain itu, Grasberg juga kerap menjadi sasaran pemogokan, seperti pada tahun 2011, 2014, dan 2017 (Somba 2011; Asmarini and Kapa 2014; Asmarini and Taylor 2017).

Pada Agustus 2017, Freeport McMoRan memulai divestasi kepemilikannya atas PT Freeport Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat