bdadinfo.com

Jangan Lupa! Mulai Hari Ini Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional secara Gratis untuk Libur Lebaran 2024, Berikut Ketentuannya - News

Jalan Tol Jogja-Solo dibuka fungsional secara gratis untuk libur lebaran (bpjt.pu.go.id)

- Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Colomadu - Ngawen, Klaten dibuka fungsional untuk jalur mudik dan balik lebaran 2024 mulai hari ini.

Jalan tol fungsional sepanjang 22 km dari Colomadu hingga Exit Ngawen tersebut dibuka secara gratis mulai tanggal 5 hingga 15 April 2024.

Direktur Jasamarga Joga Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah menyebutkan jalur fungsional tersebut akan menghemat waktu 25 menit.

Baca Juga: Hadiri Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK, 4 Menteri Jelaskan Penyaluran Bansos Tak Terkait Pemilu

Jika dibandingkan dengan jalur nasional, keberadaan jalur tol fungsional akan menyingkat waktu setengahnya dari waktu normal yang memakan waktu sekitar 50 menit.

Ruas jalur Tol Colomadu - Ngawen merupakan bagian pengerjaan tahap 1 Jalan Tol Jogja-Solo yang sebelumnya pernah dibuka pada libur natal dan tahun baru 2024.

Pada pelayanan Nataru 2024, ruas jalan tol yang dibuka secara fungsional hanya sepanjang 13 km dari Colomadu hingga Karanganom.

Baca Juga: Viral Jemaah Masjid Aolia di Gunung Kidul Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini, Netizen Heran: Ajaran Mana Lagi Ini

Rudy menjelaskan pada kesempatan libur mudik lebaran 2024 jalur fungsional mengalami penambahan sepanjang 9 km.

Tambahan jalur fungsional tersebut telah selesai dibangun dengan perkerasan rigid pavement pada satu jalur saja.

Namun demikian, PT JMJ memastikan jalur fungsional tersebut aman untuk dilewati kendaraan.

Baca Juga: Diduga Akibat Anak Kecil Main Petasan, Rumah di Bandung Hangus Terbakar

Dengan jalur fungsional yang lebih panjang, Rudy memprediksi volume lalu lintas pada libur lebaran 2024 ini akan mencapai 1.000 kendaraan per jam.

Keberadaan jalur fungsional Tol Jogja Solo Ruas Colomadu - Ngawen diharapkan akan mengurangi kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura dan Jalan Raya Solo - Yogyakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat