bdadinfo.com

Yuk Kunjungi 5 Tempat Terbaik di Kota Kudus Selama Menikmati Liburan Lebaran, Miliki Nilai Sejarah Islam yang Terkenal - News

Illustrasi masjid menara Kudus (wikimedia/ SATELITBM)

- Kudus, merupakan salah satu kota ternama di Jawa Tengah, yang memiliki tradisi dan budaya yang masih tetap dipertahankan meskipun bisa melakukan perayaan Idul Fitri.

Selain memiliki tempat yang bersejarah, ternyata Kota Kudus memiliki tempat yang bisa dikunjungi oleh Wisatawan, terutama yang sedang menikmati liburan hari raya Idul Fitri.

Tentu, tidak dapat dipungkiri bahwa Kota Kudus memiliki tempat dan nilai sejarah yang masih bisa ditemui hingga saat ini, sehingga bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Baca Juga: Kalimantan Tengah Juaranya Proyek! Diresmikan 2002 Pembangunan Jembatan Terpanjang Berhasil Bikin Kota Ini Bangga Jadi Ikon Megah?

Sehingga para wisatawan, bisa menikmati waktu liburan tersebut tidak hanya sekedar melihat saja, tetapi menikmati indahnya tempat yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Inilah 5 tempat di Kota Kudus yang bisa dikunjungi oleh Wisatawan, khususnya bagi yang ingin menghabiskan waktu libur Lebaran di "Kota Kretek", Jawa Tengah.

1. Joglo Dopang

Tempat ini menjadi salah satu yang paling cocok dinikmati oleh wisatawan, karena berlokasi di area gunung Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten kudus, Jawa Tengah.

Joglo Dopang memperlihatkan pemandangan perbukitan, serta gunung Muria yang indah, dan juga bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona sambil berenang.

Selain itu, para wisatawan bisa melihat pemandangan sungai kecil, yang membelah pegunungan pada sisi kolam, karena air kolam renang juga bersumber dari mata air pegunungan.

Baca Juga: Saingan Berat! Kabupaten di Sulawesi Selatan Ini Segera Dimulai Konstruksi Pembangunan Pasar Kesehatan Termegah, Ditargetkan Rampung 2024

Dengan airnya yang jernih dan menyegarkan, bisa menjadi momen yang tepat untuk menyegarkan diri selama menikmati waktu liburan lebaran bersama keluarga.

2. Taman Oasis Djarum

Taman ini merupakan taman terbuka hijau yang dimiliki oleh perusahaan bernama PT. Djarum, yang dibangun sejak tahun 2005, sehingga menjadi tempat yang paling asyik untuk nongkrong para pemuda sekitar hingga saat ini.

Kondisi pepohonan yang rindang, serta bersih membuat siapa saja yang datang dari berbagai pelosok tertentu, bisa merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama disini.

Para Wisatawan bisa dapat duduk-duduk di tempat yang sudah disediakan, dan juga beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pekerjaan, Meski berada di tengah kota dengan kesan asri dan sejuk.

Pada akhir pekan, Taman Oasis Djarum sering ramai dikunjungi dengan beragam kegiatan, ada yang sekedar duduk-duduk, membawa main anak, hingga berolahraga.

Baca Juga: Segera Dimulai Konstruksi Pembangunan Bandara Baru dan Termegah di Banda Aceh Bikin Warga Jadi Senyum Sendiri Tapi...

3. The Hills Vaganza.

Ketika berada di Kota Kudus, The Hills Vaganza menjadi pilihan wisata keluarga yang bagus, karena Kawasan tersebut sangat sejuk, dan berada di lereng gunung Muria.

Tidak ada yang lebih menarik daripada pemandangan yang indah di kawasan wisata ini, karena memiliki tempat yang cocok untuk mengambil foto jembatan khas bernuansa Jepang, yang dihiasi dengan bunga sakura.

Tempat foto bunga berbentuk hati tambahan dapat mewarnai suasana untuk mengabadikan momen tersebut, terutama payung dan atap gazebo yang menarik untuk dinikmati selama liburan.

4. Masjid Menara Kudus.

Masjid Menara Kudus, merupakan salah satu peninggalan sejarah, dan menjadi bukti dari proses penyebaran Islam di Tanah Jawa, sehingga menjadi tempat yang paling layak dikunjungi.

Masjid ini tergolong unik karena desain bangunannya, merupakan penggabungan antara Budaya Hindu dan Budaya Islam, sehingga memiliki unsur Islami di Jawa Tengah.

Menara masjid yang bercorak Hindu, dan menyerupai bentuk candi. Dulunya berada dibawah menara Kudus, sehingga terdapat sumber mata air kehidupan.

Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 956 Hijriah, dan bisa terlihat dari batu tulis yang terletak di Pengimaman masjid, yang bertuliskan dan berbentuk bahasa Arab, yang sulit dibaca karena banyak huruf-huruf yang rusak.

Baca Juga: Sulawesi Tengah Siap Raih Prestasi! Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan Jembatan Terpanjang di Desa Terpadu Ini, Belum Beroperasi?

Batu itu berperisai, dan ukuran perisai tersebut adalah dengan panjang 46 cm, lebar 30 cm, batu tersebut berasal dari Baitulmakdis di Jerussalem, Palestina.

Dari Baitulmakdis, itulah muncul nama Kudus yang artinya suci, sehingga masjid tersebut dinamakan masjid Kudus, dan kota dinamakan dengan Kudus.

5. Museum Kretek

Museum Kretek, didirikan di atas lahan seluas 2,5 hektar pada tahun 1986, atas prakarsa Soepardjo Rustam, Gubernur Jawa Tengah, ketika berkunjung ke Kudus untuk melihat potensi besar perusahaan kretek, yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di kota tersebut.

Museum ini menyimpan 1.195 koleksi tentang sejarah kretek, misalnya kiprah Nitisemito yang mendirikan Pabrik Rokok Bal Tiga, dokumen-dokumen perusahaan pada waktu itu,

Serta memiliki alat-alat tradisional pembuatan rokok hingga menggunakan teknologi modern, diorama jenis-jenis tembakau cengkeh, diorama pembuatan rokok di pabrik, dan lain sebagainya.

Selain itu, tempat ini sempat dijadikan sebagai tempat lokasi syuting serial drama berjudul "Gadis Kretek" yang diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala.

Baca Juga: Harta Karun di Solok Selatan Seluas 28.840 Hektar Digarap Bandit-bandit Lokal dan Tiongkok Menjara Kiloan Emas Sampai Tak Tersisa

Serial drama tersebut, dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia, seperti seperti Arya Saloka, Putri Marino, Dian Sastrowardoyo, Wingky Wirawan, dan Tissa Biani.

Tempat ini memiliki sejarah dan area yang bisa dikunjungi wisatawan, tetapi membuktikan bahwa Kudus bukan hanya sekedar Kretek, Sejarah dan juga peradaban Agama.

Tetapi Kota Kudus, memiliki makna yang berarti bagi wisatawan untuk bisa menikmati waktu liburan bersama dengan keluarga, maupun orang-orang terdekat saat Lebaran.

Kota Kudus, menjadi tempat yang paling layak diperhitungkan oleh Wisatawan dari berbagai pelosok negeri, untuk bisa dikunjungi selama merayakan momen Idul Fitri.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat